EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Literasi Zakat Pertanian Untuk Meningkatkan Manajemen Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Desa Tamban Lupak Kecamatan Kapuas Kuala)

Hidayati, Nurul (2022) Literasi Zakat Pertanian Untuk Meningkatkan Manajemen Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Desa Tamban Lupak Kecamatan Kapuas Kuala). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pertanian memegang peran penting dari keseluruhan perekonomian Desa Tamban Lupak. Oleh karena itu literasi zakat pertanian pada petani Desa Tamban Lupak sangat mempengaruhi pembayaran zakat hasil pertanian dan pendistribusian zakat tersebut kepada mustahik. Ketika literasi masyarakat terhadap zakat hasil pertanian ini tinggi maka dalam hal pendistribusian zakat akan lebih mudah untuk di manajemen. Adapun masyarakat Desa Tamban Lupak 99% beragama Islam dan adanya majelis ataupun pengajian rutin sehingga untuk meningkatkan peluang pemahaman tentang perhitungan dan pendistribusian zakat berpotensi sangat besar dan zakatnya bisa di distribusikan tepat sasaran oleh muzakki (petani) dan yang menerima pun bisa sejahtera. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pengetahuan petani Desa Tamban Lupak terhadap kewajiban zakat, (2) untuk mengetahui petani Desa Tamban Lupak paham atau tidak tentang nisab zakat pertanian, (3) untuk mengetahui bagaimana petani Desa Tamban lupak tersebut dapat mengetahui informasi tentang zakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Metode deskriptif dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Subjek penelitian Petani, Tokoh Agama, Aparat pemerintah dan organisasi terkait diantaranya, Kepala Desa, Kepala KUA Kecamatan Kapuas Kuala, dan Pengurus Amil Zakat di Desa Tamban Lupak kecamatan Kapuas Kuala. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif yaitu peneliti menggambarkan kondisi obyektif penelitian dan menguraikan dalam bentuk kalimat berdasarkan data primer dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil temuan peneliti menyimpulkan bahwa literasi zakat pertanian di Desa Tamban Lupak Kecamatan Kapuas Kuala masih rendah karena ada beberapa petani yang belum paham betul mengenai zakat pertanian terlebih pada pemahaman zakat hasil kelapa sawit. Ini perlu upaya untuk meningkatkan literasi terhadap zakat hasil pertanian padi dan kelapa sawit, agar potensi zakat pertanian di Desa tersebut termanajemen dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:16
Last Modified: 29 Dec 2022 07:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item