EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mambubur Asura di Kelurahan Landasan Ulin Tengah RT 01 Kota Banjarbaru

Imani, Wandarizty Zahratul (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mambubur Asura di Kelurahan Landasan Ulin Tengah RT 01 Kota Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat Keaslian Tulisan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tradisi mambubur asura merupakan tradisi masyarakat Islam Banjar yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram tak terkecuali di Kelurahan Landasan Ulin Tengah RT 01. Pelaksanaan tradisi mambubur asura dilakukan oleh masyarakat disini yang memiliki latar belakang suku dan budaya yang berbeda memiliki perbedaan dengan daerah lain. Sebagai tradisi yang banyak dilaksanakan oleh masyarakat muslim, tradisi mambubur asura ini dianggap sebagai tradisi Islam oleh kebanyakan orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam tradisi mambubur asura, serta apa saja faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan tradisi mambubur asura di Kelurahan Landasan Ulin Tengah RT 01 Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yaitu yang berkaitan dengan fokus penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung di dalamnya, serta faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan tradisi mambubur asura. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data yaitu dalam tradisi ini terdapat nilai-nilai pendidikan akidah yaitu mendidik untuk memperkuat keimanan kepada Allah Swt, nilai pendidikan syariah mengetahui hukum perbuatan serta berdoa bersama, dan nilai pendidikan akhlak yaitu gotong-royong, doa, sedekah, silaturahmi, dan syukur. Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu tujuannya untuk memperingati 10 Muharram sebagai hari asyura. Motivasinya yaitu mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan tradisi dilaksanakan turuntemurun serta ketersediaan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Manfaat yang didapatkan saling berbagi kepada masyarakat sekitar, berkumpul dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar, dan sebagai media mensyiarkan ajaranajaran Islam kepada masyarakat luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:33
Last Modified: 02 Jan 2023 07:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item