EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Punggahan Ramadhan di Desa Batu Meranti Kabupaten Tanah Bumbu

Fikrianoor, Ardiyan (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Punggahan Ramadhan di Desa Batu Meranti Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (793kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tradisi punggahan adalah tradisi yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur dan memohon kepada Allah SWT. akan datangnya bulan ramadhan. Tradisi punggahan dilaksanakan satu hari sebelum masuk bulan ramadhan di salah satu rumah masyarakat atau mushola untuk berkumpul dengan isi kegiatan sholat magrib berjamaah, membaca tahlil, yasin, doa bersama yang dikirimkan kepada leluhur dan makan bersama. Zaman yang semakin modern menjadi tantangan bagi masyarakat untuk tetap dapat melestarikan tradisi yang sudah melekat. Akibat berkembangnya zaman pengetahuan akan tradisi menjadi semakin menurun karena menganggap hanya sebatas kebiasaan tanpa mengetahui makna yang ada di dalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan tradisi punggahan ramadhan di Desa Batu Meranti, mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi punggahan ramadhan. Selain itu, untuk mengetahui lestarinya tradisi punggahan di Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu hingga saat ini. Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Peneliti mendapatkan hasil penelitian tradisi punggahan yang dilaksanakan di desa Batu Meranti ini mengandung empat nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu: Nilai keyakinan masyarakat, nilai ibadah yang diwujudkan dalam berdoa serta bersedekah, nilai akhlak dan muamalah diwujudkan dengan saling menghargai satu sama lain. Tradisi punggahan di Desa Batu Meranti ini tetap lestari karena pedulinya orang tua terhadap tradisi, peran tokoh agama sekaligus menyampaikan ajaran Islam dalam memperkuat keimanan dan keutuhan antar umat Islam dan dukungan dari Kepala Desa selaku tokoh masyarakat yang selalu mendukung. Moderasi beragama tercermin dalam pelaksanaan tradisi yang tidak ekstrim, mengikuti ajaran Islam dan saling menghargai satu sama lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:22
Last Modified: 13 Jan 2023 00:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item