EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Jenis-Jenis Tumbuhan Famili Dipterocarpaceae di Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut Sebagai Sumber Belajar

Wardani, Lisna (2022) Jenis-Jenis Tumbuhan Famili Dipterocarpaceae di Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut Sebagai Sumber Belajar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PENYATAAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (801kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Famili Dipterocarpaceae merupakan suku meranti-merantian yang mampu tumbuh di daerah tropis seperti lahan gambut. Urgensi penelitian ini yaitu tumbuhan Famili Dipterocarpaceae termasuk tumbuhan yang memiliki kualitas kayu yang tinggi yang memiliki nilai ekonomis. Selain itu, hasil penelitian ini dikembangkan menjadi sumber belajar buku saku untuk menyajikan infomasi mengenai tumbuhan Famili Dipterocarpaceae. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk: (1) mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan famili Dipterocarpaceae yang ditemukan di Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut, (2) mendeskripsikan validitas buku saku dari jenis-jenis tumbuhan famili Dipterocarpaceae di Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut. Jenis penelitian ini yaitu R & D (Research & Development). Buku saku yang dikembangkan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi hingga tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan, digunakan Uji Evaluasi Formatif Tessmer yang dibatasi pada uji pakar (expert review) untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian ditemukan ada 8 spesies tumbuhan Famili Dipterocarpaceae antara lain Anisoptera costata Korth., Anisoptera marginata Korth., Dipterocarpus oblongifolius Korsterm., Dryobalanops sumatrensis, Hopea odorata Roxb., Shorea assamica Dyer., Shorea bracteolate Dyer., dan Shorea macrophylla (de Vriese) Kosterm. Berdasarkan hasil validitas, buku saku jenisjenis tumbuhan Famili Dipterocarpaceae (suku meranti-merantian) di Desa Keladan Baru yang telah divalidasi oleh validator ahli materi dan ahli bahasa sebesar 82,14% dengan kategori valid. Sedangkan validasi ahli media sebesar 83,75% dengan kategori valid. Hasil rata-rata uji validitas sebesar 82,94% dengan kategori valid. Hal ini dapat disimpulkan bahwa buku saku jenis-jenis tumbuhan famili Dipterocarpaceae (suku meranti-merantian) valid untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QK Botany
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Jan 2023 12:14
Last Modified: 24 Jan 2023 12:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item