EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak di Asrama Yatim Piatu dan Dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasi.

Aufiya, Dheiya Alfadilla (2023) Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak di Asrama Yatim Piatu dan Dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasi. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal peneliti ketika berdiskusi dengan Kepala Asrama Yatim Piatu dan Dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasin bahwa anak-anak di Yayasan Rumah Harapan masih sering merasa kurang percaya diri, ada yang suka menyendiri, susah beradaptasi dan lain sebagainya dan juga anak-anak di asrama memilki rentang usia yang berbeda dari usia 7 tahun sampai usia 13 tahun tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam memberikan bimbingan keagamaan.. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: Pertama, mengetahui bagaimana bimbingan keagamaan terhadap anak di asrama yatim piatu dan dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasin. Kedua, mengetahui apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam melakukan bimbingan keagamaan terhadap anak di asrama yatim piatu dan dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap objek tertentu yang membutuhkan suatu analisa konprehensif dan menyeluruh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan yang dilakukan peneliti dengan melihat kenyataan yang terjadi di asrama yatim piatu dan dhuafa. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, bahwa bimbingan keagamaan yang diberikan oleh pengasuh kepada anak di asrama yatim piatu dan dhuafa Yayasan Rumah Harapan Kota Banjarmasin sudah sejalan dengan ketentuan ajaran Islam dan sesuai teori-teori bimbingan keagamaan yang telah dikemukaan oleh para ahli,. Kedua, faktor yang menjadi penunjang yaitu dari pengurus yayasan, masyarakat serta fasilitas juga sudah sangat membantu pengasuh dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dengan selalu mendukung dan memfasilitasi kebutuhan untuk setiap proses kegiatan bimbingan keagamaan. Adapun untuk faktor penghambat hanya terletak pada kurangnya tenaga pengasuh sehingga setiap kegiatan bimbingan keagamaan membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya karena kurang berimbangnya antara jumlah pembimbing dan yang dibimbing.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jan 2023 00:45
Last Modified: 27 Jan 2023 00:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item