EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong

Rachmatian, Noor Aprian (2023) Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa bimbingan keagamaan sangat penting apalagi untuk generasi muda. Bimbingan keagamaan digunakan dalam suatu kelompok untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan. Oleh karena itu bimbingan keagamaan digunakan terhadap para santri sehingga para santri akan mengerti bagaimana belajar tentang keagamaan yang baik sehingga pondok pesantren menerapkan bimbingan keagamaan tersebut. Masalah yang jadi rumusan dalam penelitian ini adalah apa bentuk bimbingan keagamaan, metode bimbingan keagamaan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa bentuk bimbingan keagamaan, metode bimbingan keagamaan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini mendapati bahwa bentuk Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman yaitu bimbingan konseling islam, bimbingan salat, pengajian rutin, takhassus Alquran, dan takhassus kitab kuning. Metode yang digunakan dalam kegiatan Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman yaitu metode ceramah, metode metode wawancara, metode cerita, metode halaqah, dan metode amtsilati. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman yaitu fasilitas pembelajaran, kompetensi dewan guru, dukungan organisasi, dan motivasi belajar. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Bahaul Iman yaitu muncul rasa malas pada santri, homesickness, dan sering dijemput orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jan 2023 00:31
Last Modified: 27 Jan 2023 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21929

Actions (login required)

View Item View Item