EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Batamat Al-Qur’an dalam Tradisi Masyarakat Desa Hamarung Kecamatan Juai Kabupaten Balangan (Studi Living Qur’an)

Harliyati, Aida (2022) Batamat Al-Qur’an dalam Tradisi Masyarakat Desa Hamarung Kecamatan Juai Kabupaten Balangan (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an menjadi karunia yang sangat besar dari Allah terhadap umat Nabi Muhammad Saw. Sehingga begitu banyak perilaku yang ditunjukkan oleh masyarakat muslim berkenaan dengan Al-Qur’an. Berkenaan dengan hal tersebut, ada kajian khusus yang membahasnya, yakni living Qur’an. Salah satu fenomena yang berkembang di kalangan masyarakat muslim ialah tradisi khataman AlQur’an, yang disebut juga dengan istilah batamat Al-Qur’an oleh masyarakat Banjar. Khususnya masyarakat desa Hamarung, mereka melaksanakan batamat Al-Qur’an dalam berbagai bentuk pelaksanaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui model batamat Al-Qur’an di desa Hamarung beserta tata cara pelaksanaan dan motivasinya. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian lapangan (field research), dengan metode deskriptif kaulitatif. Adapun langkah pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa batamat Al-Qur’an dalam tradisi masyarakat desa Hamarung, terdapat tujuh model. Yakni batamat kacil, batamat basar, batamat santri TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), batamat kelompok tahlil, batamat bulan puasa, batamat kamatian, dan batamat manyaratus. Adapun tata cara pelaksanaan tiap modelnya: batamat kacil dilakukan bagi anak yang baru selesai atau khatam belajar membaca Al-Qur’an, batamat basar dilaksanakan pada acara resepsi pernikahan, batamat santri TPQ diselenggarakan di TPQ setempat secara sederhana dan di Masjid al-Akbar secara massal, batamat kelompok tahlil dilaksanakan oleh suatu kelompok tahlil pada bulan Syawal, batamat bulan puasa dilaksanakan oleh jamaah langgar dan mesjid setempat setelah melakukan tadarus Al-Qur’an sebulan penuh pada bulan Ramadhan, batamat kamatian diadakan ketika ada musibah kematian (meninggal dunianya salah seorang warga), sedangkan batamat manyaratus dilakukan setelah seratus hari kematian tersebut. Lalu, motivasi dari setiap model batamat AlQur’an di desa Hamarung: batamat kacil dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur, batamat basar diadakan untuk menunjukkan bahwa calon pengantin telah khatam dan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, batamat santri TPQ diselenggarakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat bagi para santri TPQ, batamat kelompok tahlil dimaksudkan untuk mengikuti kebiasaan salaf al-shaleh, batamat bulan puasa dilakukan untuk memakmurkan rumah Allah dan memuliakan bulan Ramadhan, batamat kamatian dilaksanakan untuk mengirimkan pahala pada mayyit, sedangkan batamat manyaratus diadakan untuk memberikan hadiah pada mayyit (berupa bacaan Al-Qur’an).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:37
Last Modified: 06 Feb 2023 01:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item View Item