EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Fawâtih al-suwar dalam Al-Qur’an (Kajian tentang Makna-Makna Pujian pada Pembuka Surah Al-Qur’an)

Novita, Sherly (2022) Fawâtih al-suwar dalam Al-Qur’an (Kajian tentang Makna-Makna Pujian pada Pembuka Surah Al-Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Fawâtih al-suwar merupakan salah satu pembahasan Ulûmul Qur’an yang berkaitan dengan pembuka surah dalam Al-Qur’an. Salah satu yang masuk dalam bagian dari fawâtih al-suwar ini adalah bentuk pembuka surah dengan kalimat pujian kepada Allah. Bentuk pembukaan surah yang berupa kalimat pujian tersebut dibagi menjadi dua macam, yakni bentuk kalimat pujian pada pembuka surah Al-Qur’an dengan mengemukakan sifat-sifat terpuji bagi Allah dengan memakai lafadz hamdalah yang terdapat pada 5 surah yakni surah al-Fâtihah, alAn’am, al-Kahfi, Sabâ, Fâthir. Pada lafadz tabâraka terdapat pada 2 surah yakni surah al-Furqân, al-Mulk. Kemudian bentuk kalimat pujian pada pembuka surah Al-Qur’an dengan tujuan untuk mensucikan Allah dari sifat tercela yang terdapat pada lafadz tasbih yakni surah al-Isrâ, al-A’lâ, al-Hadîd, al-Hasyr, al-Shaff, alJumu’ah, serta surah al-Taghâbun. Sehingga berdasarkan bentuk kalimat pujian tersebut, mengandung beberapa penafsiran ulama mengenai makna yang ingin disampaikan Allah kepada hamba-hamba-Nya, juga berisi keterkaitan dengan penafsiran surah yang ada di dalamnya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna-makna kalimat pujian pada pembuka surah Al-Qur’an dan untuk mengetahui relevansi antara makna pujian dengan penafsiran pembuka surahnya dalam Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode maudhu’i. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membaca dan mengumpulkan berbagai informasi tertulis yang sesuai dengan bahasan penelitian berdasarkan dari literatur-literatur yang ada. Kemudian data yang dikumpulkan tersebut akan diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembuka surah Al-Qur’an dengan bentuk kalimat pujian alhamdulillâh memiliki makna untuk memuji Allah karena adanya kesempurnaan pada sifat-sifat-Nya. Bentuk kalimat pujian tabâraka memiliki makna untuk menyucikan, mengagungkan, dan meninggikan Allah atas segala kekuasaan-Nya. Serta bentuk kalimat pujian tasbih memiliki makna untuk meniadakan Allah dari segala kekurangan. Sehingga, ketiga bentuk kalimat pujian ini memiliki keterkaitan yang juga sama-sama bertujuan untuk memuji Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:50
Last Modified: 06 Feb 2023 01:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item