EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Program Pembinaan Ibadah Shalat Lima Waktu pada Anak Generasi Alpha di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru

Yulianti, Firnanda (2022) Program Pembinaan Ibadah Shalat Lima Waktu pada Anak Generasi Alpha di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (839kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pokok masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adanya pembinaan yang belum merata dalam hal pelaksanaan shalat dhuhur di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru, karena dalam penerapan program unggulan hanya diberikan pada kelas 3, 4, dan 5 sedangkan kelas 1 dan 2 sudah pulang lebih dulu. Fokus penelitian ini yaitu perencanaan program pembinaan ibadah shalat lima waktu, pelaksanaan program ibadah shalat lima waktu, hasil dari program pembinaan ibadah shalat lima waktu, serta faktor pendukung dan penghambat program pembinaan ibadah shalat lima waktu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapanagan. Subjek penelian ini sendiri adalah guru dan peserta didik, sedangkan objek penelitian ini adalah program pembinaan ibadah shalat lima waktu.Teknik pengumpulan data yaitu, observasi dan wawancara, serta melalui proses editing, interpretasi data, analisis data yang menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penulisan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan ibadah shalat lima waktu pada anak generasi alpha di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru sudah terlaksana dengan baik, yakni melalui adanya perencanaan program yang meliputi beberapa aspek diantaranya adalah menetapkan tujuan diadakannya program pembinaan ibadah shalat lima waktu, materi yang digunakan, teknik program pembinaan, dan model evaluasi program pembinaan ibadah shalat lima waktu. Selanjutnya adanya pelaksanaan program yang meliputi, model pelaksanaan program pembinaan ibadah shalat lima waktu, metode yang digunakan, pihak yang terlibat dalam program pembinaan, serta evaluasi program pembinaan ibadah shalat lima waktu. Diketahui hasil dari diadakannya program pembinaan ibadah shalat lima waktu di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru sangatlah efektif. Hal ini terbukti dari kebiasaan peserta didik yang semula shalatnya masih jarang- jarang, sekarang menjadi terbiasa shalat lima waktu. Adapun faktor pendukung program pembinaan ibadah shalat lima waktu yaitu ada faktor guru, faktor siswa sebagai generasi alpha, faktor orang tua, faktor waktu, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari faktor siswa sebagai generasi alpha serta sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:24
Last Modified: 21 Feb 2023 07:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item