EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

engembangan BIP Pengaruh Pemberian Air Kelapa Tua (Cocos nucifera L.) Sebagai ZPT Alami Terhadap Pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir.)

Rajiyah, Aula (2023) engembangan BIP Pengaruh Pemberian Air Kelapa Tua (Cocos nucifera L.) Sebagai ZPT Alami Terhadap Pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir.). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN TULISAN (Aula TBIO-18).pdf

Download (380kB)
[img] Text
2. AWAL (Aula TBIO-18).pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. ABSTRAK (Aula TBIO-18).pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I (Aula TBIO-18).pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II (Aula TBIO-18).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III (Aula TBIO-18).pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV (Aula TBIO-18).pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V (Aula TBIO-18).pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA (Aula TBIO-18).pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. LAMPIRAN (Aula TBIO-18).pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Air kelapa tua adalah sisa bahan penjualan kelapa parut yang dibuang begitu saja. Padahal, air kelapa tua memiliki zat pengatur tumbuh (ZPT) alami mengandung hormon auksin, sitokinin dan giberelin yang bermanfaat merangsang pertumbuhan. Hasil penelitian air kelapa tua sebagai ZPT alami terhadap pertumbuhan kangkung darat dikembangkan menjadi buku ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Pengaruh pemberian air kelapa tua sebagai ZPT alami terhadap pertumbuhan kangkung darat; 2) Validitas BIP pengaruh pemberian air kelapa tua sebagai ZPT alami terhadap pertumbuhan kangkung darat; dan 3) Uji keterbacaan BIP pengaruh pemberian air kelapa tua sebagai ZPT alami terhadap pertumbuhan kangkung darat. Jenis penelitian adalah EDR (Educational Design Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan RAL. Perlakuan yang digunakan yaitu P0: 0 ml, P1: 50 ml, P2: 100 ml, P3: 150 ml, dan P4: 200 ml. Parameter pengamatan yaitu tinggi tanaman dan jumlah daun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Anova dan LSD. Selanjutnya, divalidasi dan diuji keterbacaan menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer yaitu evaluasi diri, tinjauan ahli, dan uji perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pemberian air kelapa tua sebagai ZPT alami terhadap pertumbuhan kangkung darat (Ipomea reptans Poir.); 2) Hasil persentase validitas BIP oleh pakar ahli sebesar 80,99% dengan kategori valid. Hasil persentase validitas dari ahli materi sebesar 75% dengan kategori valid dan hasil persentase dari ahli media sebesar 86,98% dengan kategori sangat valid; dan 3) Hasil persentase uji keterbacaan BIP oleh para responden sebesar 91,35% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QK Botany
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Mar 2023 00:31
Last Modified: 31 Mar 2023 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item