EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kecerdasan Akal dan Korelasinya Dengan Komponen Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Pendidikan Terhadap Ayat-Ayat ‘Aql dalam Al-Qur’an)

Shodiqin, Rahmat (2022) Kecerdasan Akal dan Korelasinya Dengan Komponen Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Pendidikan Terhadap Ayat-Ayat ‘Aql dalam Al-Qur’an). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (697kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (191kB)

ABSTRAK

Banyak konsep yang diutarakan oleh para ahli baik di barat maupun di timur tentang kecerdasan, Howard Gardner menyatakan tentang tujuh sampai sembilan kecerdasan majemuk yang di dalamnya adalah kecerdasan intelektual. Beberapa ulama klasik dalam Islam juga telah banyak membahas tentang akal secara konseptual teoritis dan filosofis baik Al-Farabi, Ibn Rusyd, Ibn Khaldun, Ibn Sina, Ibn Taimiyah hingga Imam Ghazali sementara terkait interaksi akal dalam sebuah pembelajaran terkait delapan komponen pembelajaran yang terdapat dalam ayat ‘Aql dan derivasinya dengan tinjauan pendidikan masih belum ditemukan sehingga perlu untuk dikaji lebih jauh lagi. Penelitian ini berusaha menggali dan menemukan deskripsi interaksi akal perspektif pendidikan dalam Al-Qurân dan mengkaji konsep pembelajaran dalam ayat akal di Al-Qurân. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan bersifat deskriptif kualitatif. Data pokok yang dicari adalah ayat-ayat yang menggunakan kata (term) ‘aqala dan sinonimnya. Metode yang dipakai adalah tematik (maudhu’i) yang membahas ayat-ayat Al-Qurân sesuai dengan tema atau judul yang telah ditetapkan. Semua ayat yang berkaitan dengan topik tersebut dihimpun. Kemudian dikaji secara mendalam dan tuntas. Kajian tersebut juga didukung dengan dalil-dalil dan fakta (kalau ada) yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah; baik argumen itu berasal dari Al-Qurân dan hadits, maupun pemikiran rasional. Dalam penelusuran ayat-ayat yang terkait dengan tema tersebut, maka peneliti mengumpulkannya dan memberikan edupretasi (education interpretation); yaitu pemaknaan yang ditinjau dari aspek pendidikannya dalam hal ini adalah tinjauan komponen proses pembelajaran, memperkuat urgensinya dan penjelasannya secara multidisipliner dengan beberapa referensi, tulisan, penelitian ataupun keterangan ilmiah lainnya yang terkait dengan tema tersebut, baik dari aspek bahasa, psikologi, kesehatan, teknologi, sains dan sebagainya, sehingga akan didapatkan pemahaman yang komprehensif tentang tema yang dibahas. Beberapa kata sinonim dari ‘aqala adalah fakkara, dzakara, tadabbara, ‘alima, faqaha, fahima, sedangkan yang terkait dengan orang yang berakal, AlQur’an menyebutnya dengan ulu al-albâb, ulu an-nuhâ, ulu al-‘ilmi, ulu al-abshar. Kecerdasan akal akan terlihat jelas keberadaannya dalam proses pembelajaran, yangmana di dalamnya terdapat tujuan pembelajaran, interaksi pembelajaran antara pendidik dan peserta didiknya dan beberapa komponen pembelajaran lainnya seperti metode, media, maupun evaluasi.

Item Type: Disertasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 05 May 2023 04:05
Last Modified: 05 May 2023 04:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item