EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS STRUKTURAL RUBRIK DALIL DI TABLOID SERAMBI UMMAH

Pikri, Zainal and Rijali, Ahmad and Rifat, Muhammad (2013) ANALISIS STRUKTURAL RUBRIK DALIL DI TABLOID SERAMBI UMMAH. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Antasari, Banjarmasin.

[img] Text
ganjil-2013-14-penelitian-rubrikdalils.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian 1m bertujuan untulc mendapatkan gambaran tentang kutub-kutub yang berlawanan (seperti baik vs buruk; halal vs haram) dalam rubrik Dalil di Tabloid Serambi Ummah, pemaknaan terhadap masing-masing kutub, dan ideologi yang mengaturnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika ( semiotic approach). Analisa teks yang digunakan adalah semiotika strukturalis. Strukturalisme merupakan metode analitik yang menerapkan model linguistik dalam studi teks dan berbagai fenomena sosial. Penelitian ini menemukan bahwa bahwa Tabloid Serambi dalam rubrik Dalil membangun opisisi biner mengenai berbagai macam isu, antara lain adalah: ruang terbuka buat retnaja, haji, perilaku peribadi dan sosial selama bulan ramadhan, makanan halal, ktisis minyak (BBM), narkoba, lalu lintas, lingkungan, media sosial, korupsi, seks bebas, Pegawai Negeri Sipil (PNS), penyakit masyarakat, dan dakwah damai. Penilaian dan pemaknaan tentang baik dan buruk (oposisi biner) mengenai permasalahan-permasalahan di atas tidak hanya ditinjau dari sudut pandang agama tetapi juga dari nilai-nilai dan norma-norma lain seperti hukum positif (baik undang-undang maupun peraturan yang dibuat oleh pcmerintah), dan norma sosial. Jadi, ada tiga nilai yang saling mendukung yang dijadikan rujukan Tabloid Serambi Utnmah dalam. membahas persoalan di Rubrik Dalil, yaitu nilai-nilai ke-Islaman, ideologi negara dan turunannya, dan norma-norma sosial. Temuan ini menolak anggapan se bagian pembaca Tabloid Serambi Ummah bahwa rujukan tabloid ini adalah melulu agama dan cenderung ke Islam garis keras. Temuan ini menunjukkan sebaliknya. Pada pembahasan di Rubrik Dalil kami menemukan adanya semangat untuk memadukan semangat ke-Islaman dan ke~Indonesiaan dalam membicarakan berbagai persoalan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Zainal Pikri
Date Deposited: 06 May 2023 12:10
Last Modified: 06 May 2023 12:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item