EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perempuan Salihah dan Durhaka dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir al-Azhar dan al-Misbah)

Anggraini, Lela (2023) Perempuan Salihah dan Durhaka dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir al-Azhar dan al-Misbah). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (396kB)

ABSTRAK

Perempuan sekarang banyak yang telah melupakan kewajiban sebagai muslimah seperti menjaga kehormatan, bermudahnya berteman dengan laki-laki, bahkan perbuatan zinah dan kewajiban yang harus ditaati dengan mudah meninggalkannya. Atas dasar ini peneliti ingin melihat kembali sejarah tokohtokoh perempuan. Dalam Al-Qur’an terdapat dua tipe perempuan yaitu salihah dan durhaka. Perempuan shalihah sebagai teladan, sedangkan perempuan durhaka sebagai pelajaran bagi yang memiliki perangai tidak baik. Oleh itu, peneliti mencoba menggambarkan perempuan salihah dan durhaka sebagai tuntunan dan pelajaran dengan membandingkan tafsir al-Azhar dan al-Misbah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan komparatif. Objek kajian peneliti dengan membandingan tafsir al-Azhar dan tafsir al-Misbah. Perbandingan tersebut diawali dengan mengutip teks penafsiran, mencari persamaan dan perbedaan serta faktor penyebab perbedaannya. Ciri-ciri persamaan dan perbedaan perempuan salihah yaitu; (1) Q.S. al- ‘Imrân ayat 35-36; menurut kedua mufassir nazarnya dengan tujuan menyerahkan anaknya ke baitul maqdis. Perbedaan; dalam tafsir al-Azhar kesalihan terlihat ketika mendoakan anaknya. Tafsir al-Misbah ialah nazar tersebut membuktikan keimanannya. (2) Q.S. Maryam ayat 20; menurut kedua mufassir Maryam sejak kecil sangat salihah tidak pernah bersentuh dengan laki-laki. Perbedaannya, dalam tafsir al-Azhar; bukan perempuan jahat. Sedangkan tafsir al-Misbah menyatakan bukan pezina dan bukan perempuan asusila. (3) QS. al-Tahrîm ayat 11; menurut kedua mufassir Asiah tetap teguh dengan keimanan. Perbedaannya, tafsir al-Azhar menjelaskan istri Fir‘aun memohon dibebaskan dari paksaan akidah serta jiwa bersih untuk menghadap Allah. Sedangkan tafsir al-Misbah bahwa permohonan Asiah menggambarkan kerinduan kepada Allah. (4) QS. al-Tahrîm ayat 12; menerima ketentuan Allah. Perbedaan dalam tafsir al-Azhar bahwa Nabi Zakaria yang mendidik Maryam sehingga terpeliharalah kehormatannya. Ciri-ciri persamaan dan perbedaan perempuan durhaka yaitu; (1) Q.S. alTahrîm ayat 10; menurut kedua mufassir sikap istri Nûh mengatakan suaminya gila. Perbedaan, menurut tafsir al-Azhar khianat kedua istri bukan zina melainkan tidak membantu perjuangan suaminya dan istri Luth bersikap tidak peduli. Tafsir al-Misbah mengkhianati suami dalam kehidupan rumah tangga, berselingkuh seperti penerima ajaran agama dan istri Luth menyampaikan pada tamu dengan tujuan mereka disodomi. (2) Q.S. al-Lahab ayat 3-5; keduanya tafsir menjelaskan hammâlat al-hathab sebagai isu dan fitnah, Perbedaan, menurut tafsir al-Azhar sikap buruk terhadap agama Allah, istri disebut kayu api, menyebarkan api fitnah dan membusukkan utusan Allah. Tafsir al-Misbah, pisu dan fitnah bertujuan melecehkan dan menghina nabi serta memecah belah umat muslimin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:00
Last Modified: 09 Jun 2023 06:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item