EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Buku Ilmiah Populer Berkearifan Lokal Tentang Pengaruh Tingkat Konsentrasi Kunyit Terhadap Mutu Bekasam Ikan Papuyu (Anabas testudineus)

Hadijah, Hadijah (2023) Pengembangan Buku Ilmiah Populer Berkearifan Lokal Tentang Pengaruh Tingkat Konsentrasi Kunyit Terhadap Mutu Bekasam Ikan Papuyu (Anabas testudineus). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN (Hadijah T.Biologi).pdf

Download (60kB)
[img] Text
AWAL (Hadijah T.Biologi).pdf

Download (795kB)
[img] Text
ABSTRAK (Hadijah T. Biologi).pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II (Hadijah T.Bio 19).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB V (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Hadijah T.Bio 19).pdf

Download (25MB)

ABSTRAK

Fermentasi bekasam menggunakan bahan tradisional seperti ikan papuyu (Anabas testudineus), garam, nasi, beras sangrai, dan gula merah. Pemilihan ikan papuyu dalam pembuatan bekasam karena rasa daging yang manis, tidak amis, memiliki kandungan gizi tinggi, mudah didapat, jumlah penyebarannya banyak, dan harga terjangkau. Fermentasi bekasam melibatkan pertumbuhan bakteri asam laktat (BAL) yang dapat menguraikan pati menjadi senyawa sederhana dalam bentuk asam laktat sebagai pemberi rasa asam. Penambahan komponen baru berupa kunyit (Curcuma longa) dapat memperbaiki kualitas mutu bekasam baik dari segi warna, aroma, tekstur, dan rasanya. Kemudian setelah memperlajari mata kuliah bioteknologi dan mikrobiologi ternyata pada topik fermentasi masih belum dibahas lebih dalam mengenai fermentasi bahkan referensi pendukung berupa buku ilmiah populer (BIP) juga masih belum ada. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa BIP yang berkearifan lokal mengenai perbedaan pengaruh tingkat konsentrasi kunyit terhadap mutu bekasam ikan papuyu (Anabas testudineus). Penelitian ini menggunakan jenis Educational design research (EDR). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian dijabarkan, kemudian data dianalisis, dan dibuat menjadi sebuah BIP berbasis kearifan lokal. Kemudian divalidasi menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer dan dibatasi sampai uji pakar (expert review). Hasil penelitian diketahui bahwa semakin tinggi tingkat konsentrasi kunyit yang diberikan maka semakin bagus kualitas mutu yang didapatkan. Hal ini dikarenakan kunyit (Curcuma longa) mampu menekan pertumbuhan BAL yang dapat memberikan senyawa asam laktat berlebih pada produk fermentasi yang dibuat. Sehingga rata-rata hasil akhir validasi kelayakan BIP yang diperoleh sebesar 87,97% (sangat valid) dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah bioteknologi dan mikrobiologi tentang topik fermentasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:39
Last Modified: 19 Jun 2023 06:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item