EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembacaan Surah Yasin pada Hari Naas dalam Pandangan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas

Muazir, Achmad (2023) Pembacaan Surah Yasin pada Hari Naas dalam Pandangan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (590kB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh tradisi masyarakat dalam membaca Surah Yasin di Hari Naas Kecamatan Selat, tradisi ini sudah lama berjalan di masyarakat namun masih memiliki tanda tanya akan pengamalannya karena memiliki hari yang tidak biasa pada umumnya yaitu hari di bulan safar yang pernah memiliki tragedi besar-besaran, hari pergantian tahun sebagai hari yang penuh dosa dan maksiat, dan hari mamapas lewu yang merupakan hari naas oleh masyarakat suku dayak. kemudian motivasi membaca yasinnya pun memiliki berbagai macam pandangan ada yang berpendapat tiada namanya hari naas ada pula yang percaya hari naas itu ada. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembacaan Surah Yasin pada Hari Naas ini dalam pandangan tokoh masyarakat dan apa pendapat tokoh masyarakat terhadap motivasi dalam mengamalkan Surah Yasin di hari Naas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan adalah kualitatif oleh karenanya untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis melakukan wawancara yang kemudian disimpulkan dan dijelaskan secara deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian kualitatif ini adalah tokoh masyarakat di tiap Kelurahan yang mampu memberikan pandangan dan informasi terkait pengamalan membaca Surah Yasin di hari naas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan pembacaan Surah Yasin di Hari Naas merupakan amalan yang baik dilakukan melihat dari fadhilat yang dimiliki surah yasin ialah jantung Al-Qur`an yang bermakna intisari Al-Qur`an sehingga bisa diamalkan untuk keperluan apa saja, Surah Yasin juga memiliki fadhilat memberi ampunan dan karena penyebab kenaasan ialah dosa maka Surah Yasin cocok diamalkan. Adapun terkait motivasi yang dimiliki masyarakat itu juga baik karena masyarakat ketika merasa takut akan musibah tetap bersandar kepada Allah melalui perantara Surah Yasin semoga mendapat Rahmat dan Perlindungan, yang salah adalah apabila terdapat hari naas masyarakat justru melakukan tradisi yang tidak sesuai dengan syari`at. Terdapat perbedaan pendapat akan hari naas tersebut, namun penulis mengambil kesimpulan apabila Tuhan mampu membuat hari baik untuk manusia dianjurkan berdoa karena turun kasih sayang Allah maka tidak mustahil bagi Tuhan untuk membuat hari buruk untuk manusia dianjurkan memohon ampun dan takut akan Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:54
Last Modified: 26 Jun 2023 00:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item