EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Gaya Berpakaian Mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin dalam Perspektif Murtadha Muthahhari

Lestari, Ayu (2023) Gaya Berpakaian Mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin dalam Perspektif Murtadha Muthahhari. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (628kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Seiring dengan tren gaya berpakaian yang mewabah di UIN Antasari Banjarmasin, yang menjadi pokok permasalahan ialah fungsi pakaian sebagai penutup aurat bergeser maknanya menjadi balutan keindahan dan keinginan untuk mendapat pengakuan sebagai perempuan yang modis serta mengerti fashion. Akibatnya, banyak mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin yang tidak peduli dengan aurat mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya mahasiswi yang tidak menggunakan kaos kaki, mahasiswi yang menggunakan rok span dengan belahan yang mengekspos kaki mulus mereka, hingga banyak pula yang memakai hijab namun rambutnya masih terlihat. Tentu fenomena seperti ini bertolak belakang dengan basis UIN Antasari Banjarmasin yang agamis. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gaya berpakaian mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin serta melihat perspektif Murtadha Muthahhari terhadap gaya berpakaian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat 5 macam gaya berpakaian yang ada di UIN Antasari Banjarmasin. Mengenai 5 macam gaya berpakaian tersebut akan dipaparkan sebagai berikut: pertama yaitu preppy style ditandai dengan kemeja lengan panjang yang membentuk tubuh serta rok ketat. Kedua yaitu vintage style yang ditandai dengan kemeja flanel kotak-kotak atau jaket jeans yang lengannya digulung hingga siku. Ketiga yaitu korean style yang ditandai dengan kemeja longgar dengan lengan yang dilipat, kemeja tersebut dipadukan dengan rok motif bunga-bunga atau polkadot yang longgar. Keempat yaitu casual style yang ditandai dengan pemakaian kaos berlengan panjang dengan rok polos yang lebar. Kelima yaitu syar’i style yang ditandai dengan pemakaian gamis longgar serta hijab lebar yang menutup dada. Berdasarkan analisis Muthahhari, maka diketahui gaya berpakaian mahasiswi yang tidak sesuai dengan cara pandang Muthahhari dapat dilihat dari hijab diikat ke leher sehingga dada tidak tertutup, rambut, lengan, kaki, dan betis terlihat serta pakaian ketat. Ciri-ciri tersebut terdapat dalam gaya berpakaian korean style, casual style, vintage style, dan preppy style. Adapun mahasiswi yang gaya berpakaiannya sesuai dengan cara pandang Muthahhari terdapat dalam gaya berpakaian casual style dan syar’i style, yang mana dapat dilihat dari pakaian mereka yang longgar, hijab menutup dada, menggunakan kaos kaki, menggunakan dalaman hijab yang menutup rambut sepenuhnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:49
Last Modified: 27 Jun 2023 03:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item View Item