EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Relevansi Implementasi Green Sukuk dengan Pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi Tentang Ri’âyah Al-Bî’ah

Anam, Mirza Syifa (2023) Relevansi Implementasi Green Sukuk dengan Pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi Tentang Ri’âyah Al-Bî’ah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Indonesia rentan terhadap dampak perubahan iklim yang menyebabkan ketahanan air, ekosistem lahan, ketahanan pangan dan kesehatan menjadi terganggu. Pemerintah Indonesia merespon kerentanan bencana namun dana yang dikumpulan masih kurang sehingga pemerintah perlu berinovasi, salah satunya dengan menerbitkan green sukuk yang berorientasi lingkungan dan sesuai dengan ajaran Islam. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai aspek hukum konvensional maupun hukum Islam mengenai green sukuk, namun belum ada yang menghubungkannya dengan dasar normatif mengenai pemeliharaan lingkungan menurut Yusuf al-Qaradhawi dalam perspektif fiqih dan ushul fiqih yang tercermin dalam konsep kaidah fiqih dan maqâsid al-syarî‟ah. Oleh karena itu, dirumuskanlah penelitian ini dengan menganalisis lebih mendalam mengenai implementasi green sukuk di Indonesia dan menemukan relevansinya dengan pemikiran Yusuf al-Qaradhawi tentang ri‟âyah al-bî‟ah. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan konseptual dengan data primer dan sekunder berupa kitab-kitab karya Yusuf al-Qaradhawi seperti Kitab Ri‟âyah al-Bî‟ah fî Syarîah al-Islâm dan Kitab Al-Qawâ‟id al-Hâkimah li-Fiqhi al-Muâmalât; buku fiqih; artikel ilmiah; kamus; dan dokumen lain yang berkaitan dengan green sukuk dan ri‟âyah al-bî‟ah yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green sukuk di Indonesia terwujud dalam proyek hijau, seperti pembangunan bendungan yang dijalankan oleh kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian PUPR. Hal ini sesuai dengan sidang resmi PBB dalam bentuk Conference of The Parties (COP) ke-21 tahun 2015 di Paris. Proyek tersebut dijalankan dengan menggunakan green bond and green sukuk framework. Kemudian, implementasi green sukuk di Indonesia relevan dengan pemikiran Yusuf al-Qaradhawi tentang ri‟âyah al-bî‟ah. Relevansi tersebut terletak pada implementasinya yang sama-sama bertujuan untuk memelihara dan melestarikan lingkungan, walaupun pada aspek dasar estimologi dan konsep berbeda. Green sukuk diterbitkan atas dasar seruan dunia Internasional untuk bersama-sama meminimalisir dampak perubahan iklim. Adapun pemikiran Yusuf al-Qaradhawi tentang ri‟âyah al-bî‟ah berasal dari seruan ajaran Islam yang bersumber dari Al-Quran, hadits, teori fiqih, dan maqâsid al-syarî‟ah. Perbedaan aspek konsep terletak pada green sukuk yang berorientasi pada proyek investasi hijau, sedangkan Yusuf al-Qaradhawi berorientasi pada aspek pemeliharaan lingkungan secara umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:57
Last Modified: 10 Jul 2023 06:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item