EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penyegeraan dan Penundaan Pernikahan dalam Q.S Al-Nūr/24: 32-33; Studi Komparatif Tafsir Ahkām

Kurniawati, Endang (2023) Penyegeraan dan Penundaan Pernikahan dalam Q.S Al-Nūr/24: 32-33; Studi Komparatif Tafsir Ahkām. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (698kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (852kB)

ABSTRAK

Islam menganjurkan untuk menikah guna memelihara dirinya dari kemaksiatan dan perzinahan. Banyak pemuda yang ingin menikah namun terkendala dengan masalah ekonomi, selain itu rasa khawatir yang munghantui mereka membuat mereka lebih memilih menunda bahkan menolak untuk menikah. Penundaan tersebut jika tidak disertai pemeliharaan diri, dapat menimbulkan resiko akan rentannya terjadi penyimpangan seksual akibat tidak terlampiaskannya kebutuhan seksual secara halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Q.S al-Nūr ayat 32-33 tentang penyegeraan dan penundaan pernikahan dalam tafsir aẖkām dan apa saja metode penafsiran yang digunakan penafsir dalam tafsir aẖkām terhadap Q.S alNūr ayat 32-33 serta apa saja sumber penafsiran yang digunakan penafsir dalam tafsir aẖkām terhadap ayat tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini adalah penafsiran Q.S al-Nūr/24: 32-33, dengan sumber data primer Tafsir al-Jāmi' li Aẖkām al-Qur`ān, Rawāi`i’ al-Bayān Tafsīr Āyāt al-aẖkām min al-Qur`ān dan Tafsir al-Tafsir alMunīr fi al-'Aqīdah wa al-Syarī’ah wa al-Manhaj, dan sumber sekunder yang diperoleh dari beberapa referensi seperti karya tulis ilmiah, jurnal, buku dan referensi lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menghimpun ayat-ayat al-Qur`ān yang berhubungan dengan masalah penelitian, mengidentifikasi kitab tafsir yang akan digunakan dalam penelitian, kemudian menyajikan penafsiran ayat menurut ketiga penafsir, selanjutnya melakukan analisis metode dan sumber terhadap penafsiran ayat, lalu mengambil kesimpulan dari data yang telah didapatkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mengenai penafsiran Q.S al-Nūr/24: 32-33 perspektif tafsir aẖkām adalah Allah menganjurkan untuk menikah apabila telah memiliki kemampuan untuk menikah. Sedangkan jika belum mampu, Allah memerintahkan kepada kita untuk bersungguh-sungguh memelihara iffah agar terhindar dari perbuatan haram hingga Allah memberikan jalan kemudahan baginya untuk menikah. Kedua, ketiga penafsir ketika menjelaskan ayat ini cenderung menggunakan metode taẖlīlī, yang meliputi aspek kebahasaan, munāsabah, asbāb al-Nuzūl, periwayatan dan hukum, yang dijelaskan dengan variasi taẖlīlī masing-masing penafsir, sehingga aspek yang diuraikan tidak sepenuhnya sama. Ketiga, sumber yang digunakan oleh penafsir terhadap ayat tersebut adalah sama-sama memadukan sumber bi alMa’tsūr dan sumber bi al-Ra`yi guna mendapatkan penjelasan yang utuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:42
Last Modified: 14 Jul 2023 13:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item