EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) pada Mts Al-Falah Puteri di Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru

Syifaurrahmah, Qathratun Nada (2023) Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) pada Mts Al-Falah Puteri di Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (738kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Spiritual leadership sebagai nilai-nilai, sikap dan perilaku yang diperlukan memotivasi insrinsik diri seseorang dan orang lain sehingga mereka memiliki tanggung jawab. MTs Al-Falah Puteri Banjarbaru merupakan lembaga pendidikan yang berada dalam lingkungan pondok pesantren. Berdasarkan pra survei peneliti mendapati pemimpin sudah melakukan kewajibannya sebagai pemimpin dengan mencontohkan perilaku-perilaku yang baik dan dengan memberikan arahan kepada anggota apabila ada yang berbuat kesalahan. Pemimpin juga membimbing dengan baik semua anggota agar bisa menjadi orang yang bertanggung jawab, serta selalu memberikan motivasi agar semangat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya Kepala Madrasah MTs Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru dalam membangun sikap altruistic love. Serta untuk mengetahui dan menganalisis upaya Kepala Madrasah MTs Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru dalam membangun rasa kesejahteraan spiritual. Objek penelitian ini merupakan MTs Al-Falah Puteri pada Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru, dan subjek pada penelitian ini adalah kepemimpinan spiritual yang mencakup didalamnya nilai altruistic love dan kesejahteraan spiritual Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik validitas dan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi data. Peneliti menemukan kepala madrasah sudah melakukan penyeimbangan antara kepemimpinan dan kespiritualan, dengan membangun sikap altruistic love dan menjadikannya kebiasaan di lingkungan sekolah, serta menciptakan kesejahteraan spiritual dengan memenuhi kebutuhan spiritualitas anggotanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:49
Last Modified: 21 Jul 2023 00:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item