EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah

Enjeli, Nor (2023) Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
NOR ENJELI - PERNYATAAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
NOR ENJELI - AWAL.pdf

Download (644kB)
[img] Text
NOR ENJELI - ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
NOR ENJELI - BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
NOR ENJELI - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
NOR ENJELI - BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
NOR ENJELI - BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
NOR ENJELI - BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
NOR ENJELI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
NOR ENJELI - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi bahwa bimbingan keagamaan sangat penting dalam lingkungan pondok pesantren, khususnya bimbingan keagamaan dari ustadz atau ustadzah kepada santriwati di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kapuas, karena baik buruknya agama santriwati tersebut tergantung pada baik buruknya bimbingan keagamaan dari ustadz atau ustadzah kepada santriwati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan akidah, bimbingan ibadah, dan bimbingan akhlak di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik Field Research atau penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, ketua pengelola, koordinator keagamaan dan santriwati, objeknya adalah bimbingan keagamaan kepada santriwati di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kapuas yang meliputi bimbingan akidah, bimbingan ibadah dan bimbingan akhlak. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan keagamaan terhadap santriwati di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kapuas meliputi bimbingan akidah, bimbingan ibadah dan bimbingan akhlak yang dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. Materi bimbingan akidah yaitu tentang rukun iman yang disampaikan dengan metode nasihat dan dialog. Materi bimbingan ibadah meliputi bimbingan salat, bimbingan puasa, bimbingan menghafal dan membaca Al-Quran, serta bimbingan zikir dan sholawat, metode yang digunakan adalah dengan metode talaqqi, keteladanan, nasihat dan pembiasaan. Materi bimbingan akhlak meliputi bimbingan akhlak terhadap guru dan bimbingan akhlak terhadap teman. Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jul 2023 12:44
Last Modified: 23 Jul 2023 12:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item