EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Patin dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Masyarakat Maluen Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas)

Yulia, Yulia (2023) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Patin dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Masyarakat Maluen Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - YULIA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL - YULIA.pdf

Download (621kB)
[img] Text
ABSTRAK - YULIA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I - YULIA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II - YULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III - YULIA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV - YULIA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V - YULIA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - YULIA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - YULIA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN - YULIA.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat Maluen di Desa Maluen yang terjun menjadi pembudidaya ikan patin untuk memenuhi kebutuhan hidup dan lain-lain. Karena usaha budidaya ikan patin dianggap dapat menguntungkan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha budidaya ikan patin di Desa Maluen dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip islam untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, serta kendala-kendala apa saja yang ditemukan para pelaku pembudidaya ikan. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui penggunaan bahasa, bahan alam yang spesifik, dan metodologi alam, penelitian kualitatif mencoba memahami fenomena yang berhubungan dengan informan seperti perilaku, perndapat, motif, tindakan, dll, secara holistik juga deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Desa Maluen yang menjadi pembudidaya ikan patin. 8 orang informan yang telah diwawancara untuk mendapatkan data. Kemudian data yang diperoleh dengan teknik editing, kategorisasi, dan deskripsi, setelah itu di analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif untuk menarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa usaha budidaya ikan patin di Desa Maluen Usaha budidaya ikan patin memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui beberapa cara, antara lain meningkatkan nilai tambah menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan perekonomian dengan memperoleh keterampilan dalam budidaya ikan patin, masyarakat dapat meningkatkan nilai tambah produksi ikan patin melalui peningkatan kualitas, diversifikasi produk, atau pengolahan hasil ikan patin menjadi produk olahan yang bernilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:32
Last Modified: 25 Jul 2023 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24202

Actions (login required)

View Item View Item