EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Ayat Al-Qur`An Sebagai Narasi Provokatif di Media Sosial

Makmur, Muhammad Imsuni (2023) Penggunaan Ayat Al-Qur`An Sebagai Narasi Provokatif di Media Sosial. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (663kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bermula dari pengamatan terkait media sosial bahwa seharusnya penggunaannya itu untuk mempermudah tersebarnya pesan yang baik dalam konteks penelitian ini adalah mempermudah dakwah terkait pesan Al-Qur`an tetapi pada kenyataannya ada saja pesan negatif yang tersebar atau pesan yang membuat keributan dalam konteks ini membuat provokasi dengan ayat Al-Qur`an. Penelitian ini akan mengkaji ayat Al-Qur`an dari segi penggunaannya di media sosial serta penggunaan narasi provokatif dari ayat Al-Qur`an di media sosial, kemudian membandingkan narasi yang diberikan pembuat konten terhadap ayat Al-Quran tersebut dengan kitab tafsir untuk mendapati pemahaman ayat yang benar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan studi pustaka (literature review) dan data visual dari YouTube dan Instagram. Data yang didapat dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah didapati bahwa penggunaan ayat Al-Qur`an di media sosial terbagi kepada 2 kelompok, yaitu yang pertama menggunakannya dengan menarasikan kepada memotivasi dalam beragama dan kedua yang menggunakannya dengan menarasikan kepada memprovokasi dalam beragama. Penulis mengkategorikan narasi dari Zaidul Akbar tentang koneksi Al-Qur`an dan makanan serta narasi Adi Hidayat tentang tidak salat itu ciri hamba yang tidak berakhlak kepada narasi yang memotivasi dalam beragama karena penjelasannya terhadap ayat Al-Qur`an tersebut mendorong orang untuk beramal saleh berdasarkan tuntunan Al-Qur`an serta sesuai dengan tafsir dan memberikan respon yang positif terhadap netizen. Penulis mengkategorikan narasi dari Ragil Mahardika tentang memilih hidup sebagai gay serta narasi dari Ade Armando tentang tidak ada salat lima waktu dalam Al-Qur`an kepada narasi yang memprovokasi dalam beragama karena penjelasannya terhadapa ayat Al-Qur`an tersebut menyalahi terhadap tafsir dan memberikan respon yang kontroversial kepada netizen.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24366

Actions (login required)

View Item View Item