EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Digital Storytelling Islami: Aplikasi Media and Information Literacy (MIL) pada Media Sharing Networks @Religiustrasi

Nadia, Nadia (2023) Digital Storytelling Islami: Aplikasi Media and Information Literacy (MIL) pada Media Sharing Networks @Religiustrasi. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. pernyataan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. bab i.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
6. bab iii.pdf

Download (283kB)
[img] Text
7. bab iv.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. bab v.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] Text
10. lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dalam merancang konten cerita visual dakwah secara digital, penting untuk menggabungkan standar produksi digital storytelling dan keterampilan Media and Information Literacy (MIL). Kombinasi ini bertujuan agar konten yang dihasilkan berdampak positif dari segi keseluruhan proses komunikasi, yaitu SMCR (Sender Message-Channel-Receiver). Upaya dakwah dengan suguhan digital storytelling menahan atensi muslim digital enthusiasts; muslim pengguna aktif digital, yang kian terlibat praktik cyber religion, yakni ngaji agama di internet. Dengan suguhan tersebut, dari @Religiustrasi telah membawa cerita yang bertaut jokes receh dan modifikasi karakter anime, sebagai upaya epic content creator @Religiustrasi berdakwah dengan konten eduitainment; education dan entertainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi MIL pada perancangan konten animasi ilustrasi dakwah berformat digital storytelling islami yang diproduksi dan didistribusikan oleh media sharing networks @Religiustrasi, seperti TikTok dan Instagram. Penelitian ini diharapkan sebagai bentuk anjuran upaya berdakwah secara kreatif dan modernis sesuai dengan preferensi audiens; audience-centric agar serta turut meminimalisir dampak buruk konten media berkedok "islami" di tengah konvergensi media dan informasi. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif ekploratif untuk menghasilkan pemahaman teraktual tentang praktik implementasi MIL pada konten digital storytelling islami di media sharing networks @Religiustrasi melalui tahapan observasi dan wawancara terhadap content creator yang terkait. Penulis menggunakan metode ilmiah yang obyektif dan berdasarkan bukti untuk menganalisis implementasi MIL pada tahapan pra produksi hingga distribusi konten yang dihasilkan oleh content creator @Religiustrasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui aktivitas yang dilakukan pada setiap tahap perancangan antara MIL dan digital storytelling mampu berintegrasi, di mana MIL membantu mengelola informasi ajaran Islam yang diperlukan untuk menciptakan konten dakwah visual dalam bentuk digital storytelling. Sebaliknya, digital storytelling memberikan aplikasi praktis agar content creator dapat berkomunikasi dengan konten melalui cara yang kreatif dan modernis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:17
Last Modified: 28 Jul 2023 01:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item View Item