EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemaknaan Masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan Terhadap Pajangan Kaligrafi Ayat Kursi di dalam Rumah

Rohmalia, Nor Asyifa (2023) Pemaknaan Masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan Terhadap Pajangan Kaligrafi Ayat Kursi di dalam Rumah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang praktik pemajangan kaligrafi Ayat Kursi oleh masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan yang merupakan salah satu dari bentuk ekspresi masyarakat terhadap Al-Qur`an yang kemudian dikenal dengan istilah kajian Living Qur’an. Berangkat dari keinginan masyarakat yang ingin menjadikan rumahnya aman, banyak cara yang dilakukan agar tujuan itu tercapai, salah satunya dengan memajang kaligrafi ayat-ayat Al-Qur`an yang dalam hal ini adalah QS. al-Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi) di tempat-tempat strategis dari bagian dalam rumah mereka. Dalam penelitian ini, praktik memajang kaligrafi Ayat Kursi di dalam rumah menghasilkan berbagai respon yang bervariasi di berbagai kalangan masyarakat yang memajangnya. Penelitian ini diulas dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan terhadap Ayat Kursi dan makna pajangan kaligrafi Ayat Kursi di dalam rumah bagi masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan berlokasikan di Buntok Kecamatan Dusun Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa pengumpulan data dengan teknik: Pertama observasi, kedua wawancara, ketiga dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Temuan data dari penelitian ini bahwa pemahaman masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan terhadap Ayat Kursi begitu beragam dan memiliki perbedaan berdasarkan tingkat kepahamannya masing-masing. Ada yang memahaminya sebagai ayat yang paling agung, ayat yang memuat banyak sifatsifat kemuliaan Allah, ayat yang menjadi perwakilan akidah. Kemudian ada juga yang memandang Ayat Kursi dari segi fadhîlah seperti untuk pengusir jin dan setan, sebagai pagar diri atau pelindung rumah, serta ayat yang selalu menjadi amalan keseharian masyarakat muslim. Pemahaman-pemahaman itu berangkat dari pengetahuan mereka tentang dalil Ayat Kursi itu. Pajangan Kaligrafi Ayat Kursi bagi masyarakat Buntok Kecamatan Dusun Selatan mempunyai arti dan makna tersendiri bagi mereka. Banyak dari mereka memajang di tempat-tempat strategis yang sering dilihat di dalam rumah. Masyarakat memaknai pajangan kaligrafi Ayat Kursi sebagai media pengingat, simbol agama, dan penghias ruangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:43
Last Modified: 28 Jul 2023 02:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24403

Actions (login required)

View Item View Item