EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Penghimpunan Dana ZIS Melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan

Risdayanti, Risdayanti (2023) Strategi Penghimpunan Dana ZIS Melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (934kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan digital QRIS dalam penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan masih kurang maksimal dalam penerapannya dan terdapat sejumlah kendala dalam pengoperasionalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Strategi Penghimpunan Dana ZIS Melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, 2) Kendala dalam penghimpunan dana zakat, infaq dan sedekah melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada informan. Informan pada penelitian ini yaitu, satu orang kabid Pengumpulan Ritel dan Digital Bapak Muhammad Adi Riswan Al-Mubarok,S.H.I,M.Sy dan satu orang Kasi Pengumpulan Ritel dan Digital Bapak M. Maulana Malik,IMA, SH. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Strategi penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu menerapkan strategi yang mengkombinasikan antara kekuarangan, yaitu: a) Memberikan pelayanan yang baik dengan memudahkan dalam layanan yang bisa diakses di berbagai aplikasi pembayaran digital, b) Meningkatkan keaktifan dalam mempromosikan QRIS di sosial media untuk menarik pengguna baru, dan c). Mengoptimalkan kegiatan promosi ke semua instansi di Kota Banjarmasin. Kedua, Kendala dalam penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah melalui QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Masyarakat yang kurang mengerti penggunaan QRIS, khususnya masyarakat yang masuk kategori usia lanjut, mereka lebih senang membayar zakat, infaq dan sedekah secara tunai atau secara langsung dan tidak semua masyarakat mempunyai smartphone yang ada aplikasi QRIS, smartphone juga mendukung layanan tersebut jika ingin mengakses QRIS. masyarakat beranggapan bahwa pembayaran dengan menggunakan QRIS itu lebih sulit dan ribet.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:19
Last Modified: 28 Jul 2023 07:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24405

Actions (login required)

View Item View Item