EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dinamika Penetapan dan Putusan Isbat Nikah di Bawah Umur (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kuala Kapuas)

Putri, Rosyida Nadya (2023) Dinamika Penetapan dan Putusan Isbat Nikah di Bawah Umur (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kuala Kapuas). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pada dasarnya isbat nikah itu ialah penetapan atas perkawinan seorang pria dengan seorang wanita yang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan agama Islam yaitu sudah terpenuhinya syarat dan rukun nikah, tetapi pernikahan yang terjadi tersebut belum atau tidak dicatatkan oleh pejabat yang berwenang, dalam hal ini pejabat KUA yaitu Pegawai Pencatat Nikah (PPN). Dalam persidangan, terkadang tidak semua isbat nikah dapat diterima. Ada beberapa isbat nikah yang ditolak dengan berbagai pertimbangan hakim. berangkat dari adanya isbat nikah yang diterima dan ditolak tersebut, terkadang terjadi dinamisasi diantara hakim dalam memutuskan suatu perkara. Berangkat dari observasi awal penulis yang menemukan banyaknya putusan hakim Pengadilan Agama Kuala Kapuas yang dinilai dinamis terhadap perkara isbat nikah di bawah umur, menjadikan perkara isbat nikah memiliki banyak perbedaan pertimbangan dan penetapan yang ditolak maupun diterima. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian hukum normatif dan Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa isbat nikah perkara nikah di bawah tangan memang tidak bisa diselaraskan dalam segi keputusan meskipun secara umum perkara yang dibawa kedepan persidangan itu sama, karena dalam kasusnya banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang dapat membuat perkara tersebut di terima atau di tolak. Dan dalam prosesnya, tidak bisa dipungkiri bahwa akan adanya dinamika-dinamika yang terjadi pada sebuah perkara karena memang dari satu kasus dengan kasus yang lain nya memiliki permasalahan yang berbeda- beda, baik itu dari saksi, wali ataupun yang lainnya. Sehingga keputusan yang di ambil oleh Majelis Hakim bergantung dengan bagaimana para Pemohon dapat membuktikan pernikahannya dapat dikabulkan atau tidak Isbat Nikah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:12
Last Modified: 31 Jul 2023 02:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item