EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Sisa Oli pada Penggantian Oli Mesin Sepeda Motor Matic dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Bengkel Sepeda Motor di Kota Amuntai Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara)

Nabil, Muhammad (2023) Sisa Oli pada Penggantian Oli Mesin Sepeda Motor Matic dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Bengkel Sepeda Motor di Kota Amuntai Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sebagaimana yang dialami konsumen pada saat mengganti oli mesin sepeda motor, dalam aturannya seperti sepeda motor matic berjeniskan Soul GT dan Nmax ukuran oli mesin yang dimasukkan sekitar 800-900 ml dan setiap oli yang bersegel baru kapasitas oli dalam satu wadah 1000 ml. Jadi setiap penggantian itu menyisakan 100- 200 ml oli mesin yang tersisa dari hasil penggantian oli mesin. Objek dalam penelitian ini adalah pemilik bengkel sepeda motor dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode observasi serta wawancara, dengan informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang pada Pemilik dan konsumen yang berada pada bengkel yang berada di Kota Amuntai Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktek penggantian olli melsin selpelda moltolr matic di belngkell selpelda moltolr Kolta Amulntai Kelcamatan Amulntai Ultara Kabulpateln Hullul Sulngai Ultara memenuhi syarat adanya ‘urf yang bisa diterima oleh hukum Islam yaitu tidak ada dalil yang khusus untuk kasus tersebut baik dalam Al�Qur’an dan Sunnah, pemakaiannya tidak mengakibatkan dikesampingkannya nash syari’ah termasuk juga tidak mengakibatkan kemafsadatan, kesempitan, dan kesulitan dan telah berlaku secara umum dalam arti bukan hanya yang biasa dilakukanoleh beberapa orang saja. Pelrspelktif Hulkulm Elkolnolmi Syariah dalam Pelnggantian Sisa Olli Melsin Selpelda Moltolr Matic di Belngkell Selpelda Moltolr Kolta Amulntai Kelcamatan Amulntai Ultara Kabulpateln Hullul Sulngai Ultara adalah al-‘adah (adat istiadat) atau ‘urf. Ditinjau dari sisi kualitas, praktek penggantian olli melsin selpelda moltolr matic di belngkell selpelda moltolr Kolta Amulntai Kelcamatan Amulntai Ultara Kabulpateln Hullul Sulngai Ultara merupakan ‘urf yang shahih atau al-‘adah ashahihah. Jika ditinjau dari sisi ruang lingkup, maka praktek penggantian olli melsin selpelda moltolr matic di belngkell selpelda moltolr Kolta Amulntai Kelcamatan Amulntai Ultara Kabulpateln Hullul Sulngai Ultara merupakan ‘urf khash (khusus). Pada sisi objek, maka praktek penggantian olli melsin selpelda moltolr matic di belngkell selpelda moltolr Kolta Amulntai Kelcamatan Amulntai Ultara Kabulpateln Hullul Sulngai Ultara adalah ‘urf dalam bentuk perbuatan (Al-‘urf al-amali).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 31 Jul 2023 05:38
Last Modified: 31 Jul 2023 05:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item