EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Ketertarikan Terhadap Lawan Jenis dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka

Alfida, Nida (2023) Ketertarikan Terhadap Lawan Jenis dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (275kB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang ketertarikan terhadap lawan jenis di dalam tafsir Al-Azhar karyanya Buya Hamka. Masalah yang menjadi pembahasan adalah tentang rasa ketertarikan yang di zaman sekarang menjadi suatu hal biasa untuk disalurkan dengan cara menjalin ikatan yang tidak halal. Oleh karena itulah maka penulis mengunggah penafsiran Buya Hamka untuk menelisik lebih jauh, apa sebenarnya yang menjadi sebab yang seringkali digunakan sebagai alasan untuk menjalin ikatan yang tidak halal sebagai solusi dari sebuah perasaan ketertarikan terhadap lawan jenis. Di sini penulis merangkum semuanya dalam sebuah rumusan masalah, yakni, bagaimana penafsiran Buya Hamka terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan ketertarikan tehadap awan jenis. Dalam tafsir Al-Azhar tersebut, mewakili dari beberapa penafsiran lain tentang rasa ketertarikan sebagai fitrah, namun pribadi setiap oranglah yang akan menjadikannya baik atau buruk, tergantung dari solusi yang dipilih. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara inventarisasi sumber data, studi isi sumber, koleksi dan seleksi data, dan kategorisasi kata. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan metode interpretasi, yakni upaya tercapainya pemahaman yang benar terhadap fakta, data, dan gejala. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebenarnya, rasa ketertarikan adalah fitrah manusia atau sesuatu yang suci, asalkan dalam prakteknya sesuai dengan petunjuk dan aturan yang Allah tetapkan. Kerusakankerusakan yang tejadi atas dasar rasa ketertarikan adalah penyelewengan di dalam syari’at. Adapun makna ketertarikan didalam penelitian ini dalam bahasa AlQur'an umumnya menggunakan kata sya-ha-wat berasal dari akar kata sya-ha-ya untuk menggambarkan maksud atau makna tertarik atau menginginkan. Hakikat syahwat (hasrat) adalah kecenderungan terhadap sesuatu yang sesuai dengan fitrahnya (karakter) dan menjauhi sesuatu yang tidak disukai dan dicintai. Maka dari itu, seperti yang dipaparkan Buya Hamka dalam tafsirnya Al-Azhar menjelaskan “Maka agamapun mengajarkan penyaluran syahwat itu, mencari jodoh, mencari isteri untuk teman hidup, dengan jalan yang halal”.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:23
Last Modified: 02 Aug 2023 00:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item