EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Surah Al-Baqarah dalam Mushaf Al-Qur’an Digital “Al Quran Indonesia” (Uji Tashih Tanda Waqaf dengan Mushaf Standar Indonesia)

Zubaidah, Saufina (2023) Surah Al-Baqarah dalam Mushaf Al-Qur’an Digital “Al Quran Indonesia” (Uji Tashih Tanda Waqaf dengan Mushaf Standar Indonesia). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
AWAL - SAUFINA.pdf

Download (742kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (337kB)

ABSTRAK

Tanda waqaf merupakan salah satu tanda yang dijadikan petunjuk baik atau tidaknya berhenti pada suatu ayat karena menyangkut konteks arti ayat. Apakah maknanya masih berkaitan dengan kalimat sebelumnya atau tidak, apakah sudah pada kalimat sempurna atau masih belum sempurna. Penelitian ini terfokus pada perbedaan tanda waqaf yang terdapat pada Mushaf Standar Indonesia dan Al-Qur`an digital “Al Quran Indonesia”. Perbedaan di antara kedua mushaf tersebut terletak pada penandaan dan penempatan tanda waqaf. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan tanda waqaf pada Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf Al-Qur`an Digital “Al Quran Indonesia”, untuk menemukan faktor penyebab adanya perbedaan antara kedua mushaf tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif, dengan menganalisa dan mendeskripsikan kedua mushaf. Objek yang diteliti adalah tanda waqaf pada Q.S. Al-Baqarah dalam Mushaf Standar Indonesia terbitan 2017 dan Mushaf Al-Qur`an Digital “Al Quran Indonesia” yang ditawarkan oleh Andi Susilo dan dirilis sejak 17 Desember 2014. Hasil yang penulis temukan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat persamaan dan perbedaan peletakkan tanda waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf digital “Al Qur’an Indonesia” pada Q.S. Al-Baqarah. Persamaan tanda waqaf MSI dengan Mushaf digital rasm IndoPak berjumlah 268 dan rasm utsmani Madinah berjumlah 69. Perbedaannya berjumlah 18 pada rasm IndoPak dan 217 perbedaan tanda waqaf pada rasm utsmani Madinah. Jenis tanda waqaf dikategorikan menjadi tiga yaitu: (1) Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf digital “Al Quran Indonesia” menempatkan tanda waqaf dengan posisi yang sama. (2) Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf digital “Al Quran Indonesia” menempatkan tanda waqaf yang berbeda tetapi posisinya sama. (3) Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf digital “Al Quran Indonesia” tidak menempatkan tanda waqaf. Kedua, faktor penyebab terjadinya perbedaan penempatan tanda waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia dan Mushaf digital “Al Quran Indonesia”, salah satu faktornya yaitu Mushaf Standar Indonesia mempunyai sertifikat tanda tashih dari Lajnah, sedangkan aplikasi mushaf digital tidak, dengan tidak adanya sertifikat dari lembaga lajnah, maka secara tidak langsung akan terdapat kemungkinan perbedaan-perbedaan peletakan tanda waqaf dikarenakan belum terjadi penyeragaman yang dilakukan oleh lembaga lajnah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:00
Last Modified: 07 Aug 2023 04:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24678

Actions (login required)

View Item View Item