EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembacaan Q.S. Yasin pada Banyu Mandi Pangantin (Desa Nyali Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong)

Al-Amin, Muhammad (2023) Pembacaan Q.S. Yasin pada Banyu Mandi Pangantin (Desa Nyali Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur'an menjelaskan bahwa Perkawinan ialah suatu yang sakral yaitu menyatukan kedua belah pihak laki-laki dan perempuan dengan tujuan ibadah kepada Allah. Pembacaan surah Yasin digunakan dalan proses Mandi Pengantin yang bertujuan untuk mendapat berkah dari-Nya. Maka dalam fenomena ini membutuhkan kajian Living Al-Qur‟an untuk mengkaji lebih dalam pembacaan QS. Yasin, selain mencari berkat AlQur‟an dalam proses pelaksanaan mandipengantin. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana proses, makna dan persepsi Masyarakat dalam pembacaan Q.S Yasin pada banyu mandi pangantin. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau penelitian lapangan (Field research) dan metode yang digunakan peneliti ialah metode kualitatif. Adapun Subjek penelitian ini adalah orang yang mengetahui penerapan pembacaan QS. Yasin pada Banyu Mandi pengantin di Desa Nyali, kec. Muara Uya, yang meliputi Seorang Bidan Kampung, Pelaku Tatacara pemandian Pengantian, dan persepsi Masyarakat umum. Sedangkan, obyek Penelitian ini adalah gambaran pelaksanaan di Desa Nyali Kec. Muara Uya Kab. Tabalong, Tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses mandi dengan banyu atau air mandi pengantin guna untuk menghormati adat budaya, Adapun makna siraman atau proses Mandi, secara umum adalah ritual yang dilakukan untuk membersihkan jiwa dan raga. Juga merupakan tradisi tolak bala masyarakat Banjar di sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, termasuk Desa Nyali Kec. Muara Uya Kab. Tabalong. Kedua mempelai behias (berdandan cantik), seperti; mengarik kaning (meratakan alis), kasai janar (lulur menggunakan kunyi yang sudah di parut). Ini dilakukan agar saat melangsungkan perkawinan si pengantin lebih cantik/tampan dan bersih, biasa disebut naik sari bagi masyarakat Desa Nyali. Makna yang terkandung dalam memahami tradisi pembacaan surah yasin dalam banyu pangantin ialah bahwa calon mempelai siap untuk menyucikan diri lahir dan bathin. Serta untuk membentengi pengantin dari berbagai gangguan yang tidak diinginkan. Adapun persepsi masyarakat mengenai tradisi mandi pengantin ini menurut bertujuan untuk memebersihkan jiwa calon pengantin yang bertujuan agara keburukan yang ada dalam diri pengantin tersebut hilang, diharapkan agar seteleh melakukan mandi pengantin tersebut menjadi lebih baik lagi, dan berkah dalam menjalani suatu kehidupan yang dijalani bersama pasangannya. Persepsi masyarakat Nyali dalam memahami pembacaan surah Yasin pada banyu mandi pengantin ini adalah sebagai sebuah tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang dahulu dan diturunkan ke generasi-generasi selanjutnya hingga sekarang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 10 Aug 2023 00:15
Last Modified: 10 Aug 2023 00:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24770

Actions (login required)

View Item View Item