EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Eksistensi Pembagian Warisan Tunggu Haul (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar)

Aliyadi, Aliyadi (2023) Eksistensi Pembagian Warisan Tunggu Haul (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (918kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (637kB)

ABSTRAK

Dalam praktik kehidupan sehari-hari tidak banyak masyarakat menggunakan aturan pembagian waris seperti yang telah dijelaskan dalam alQuran. Masyarakat lebih sering menggunakan hokum adat pada masingmasing daerah mereka. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat mengenania turan-aturan pembagian waris menurut hukum waris Islam dan masih melekatnya tradisi pembagian waris dari adat mereka. Mereka menganggap pembagian waris secara Islam rumit dilakukan karena harus mengkalkulasi seluruh nilai harta peninggalan pewaris kemudian dibagi menurut pecahan pecahan sesuai dengan bagian waris masing-masing. Hal itu berlaku di daerah Kec. Sungai Tabuk Kab. Banjar, terdapat istilah pembagian harta waris tunggu haul. mengenai peruntukan tunggu haul ini ternyata telah dibebankan kedalam harta warisan yang telah dibagi, dimana dalam hal ini telah diserahkan kepada pihak ahli waris perempuan yang telah menerima.Sehingga dari ahli waris perempuan yang menerima harta warisan ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya untuk memperingati haulan. Karena dengan dasar alasan bahwa sebagian dari ahli dari waris cukup satu orang saja yang menjadi patokan atau ditunjuk untuk memperingati haulan. Bertujuan untuk menjaga agar pelaksanaan peringatan haulan yang diperingati setiap tahunnya agar tetap dilaksanakan dan ini merupakan sebagai tanda bukti bakti seorang anak terhadap orang tuanya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fıeld research) atau penelitian hukum empiris. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan pendekatan sosiologi hukum atau yuridis empiris yaitu pendekatan yang melihat realitas hukum di masyarakat dan pendekatan antropologi hukum. Adapaun lokasi penelitian yang dilaksanakan ada 5 (lima) Desa dan ada 10 kasusdalam penerapan pembagian kewarisan tunggu haul yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harta tunggu haul yang dipraktikkan masyarakat Kecamatan Sungai Tabuk adalah berupa tanah persawahan. Masyarakat di Kecamatan Sungai Tabuk mengikuti sistem individual dan mayorat (mixed). Mereka juga mengutamakan ishlâh atau “adat badamai” dalam penyelesaian perhitungan harta warisan.Berdasarkan dari 10 kasus yang penulis teliti, pembagian harta warisan tunggu haul disebabkan oleh; harta tunggu haul sudah dilakukan secara turun temurun, meringankan biaya kegiatan haul, menghindari adanya utang piutang kepada pihak lain, menghindari iri dengki, menghindari ketidakberkahan harta waris, tanda bakti kepada orang tua, amanah dari pewaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:56
Last Modified: 11 Aug 2023 06:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item