EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Ulama Hulu Sungai Tengah Terhadap Makna Tawassul dalam Al-Qur’an (Studi Terhadap Tawassul dalam Ziarah Kubur Para Wali)

Khatimah, Nor (2023) Pemahaman Ulama Hulu Sungai Tengah Terhadap Makna Tawassul dalam Al-Qur’an (Studi Terhadap Tawassul dalam Ziarah Kubur Para Wali). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (111kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (369kB)

ABSTRAK

Dalam Islam tradisi tawassul dalam ziarah kubur para wali merupakan sebuah ikhtiar yang dilakukan masyarakat dan salah satu cara yang ditempuh seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt sehingga ketika berdo’a lebih mudah dikabulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tawassul dalam al-Qur’an dan tawassul dalam ziarah kubur para wali menurut pemahaman ulama Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini diulas dalam bentuk kualitatif berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat banjar yang menjadikan tawassul ziarah kubur para wali sebagai sebuah tradisi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Barabai, Batang Alai Selatan, dan Limpasu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang di lakukan terhadap empat orang ulama Hulu Sungai Tengah sebagai informan adalah sebagai berikut, pertama makna tawassul dalam al-qur’an yaitu Q.S alMaidah/5: 35 secara umum dipahami oleh para ulama Hulu Sungai Tengah untuk medekatkan diri kepada Allah Swt dan kita dianjurkan untuk bertawassul kepada para Nabi, Rasul, para wali, dan dengan amal shaleh. Maksud dari bertawassul kepada para Nabi, Rasul, para wali, dan dengan amal shaleh, artinya kita meminta pertolongan melalui orang-orang tersebut karena mereka adalah orang yang sangat dekat dengan Allah Swt dan banyak dilimpahi Rahmat-Nya. Kedua, Makna tawassul dalam ziarah kubur para wali secara umum dipahami oleh para ulama Hulu Sungai Tengah yaitu memiliki keutamaan disamping bisa mengingatkan kepada kematian dan akhirat juga dengan berkat orang shaleh yang ada dalam kubur tersebut yang memiliki kedekatan dengan Allah Swt bisa membuat yang berziarah juga dicintai dan di ridhai Allah Swt. dengan harapan akan mendapatkan rahmat Allah Swt. Para ulama Hulu Sungai Tengah secara umum juga membolehkan hal ini dengan syarat tidak menyembah dan berharap kepada orang shaleh yang ada didalam kuburan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:19
Last Modified: 11 Aug 2023 09:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item View Item