EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pseudo Sufisme Perspektif Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Sir Al-Asrar

Taraki, Ahmad (2023) Pseudo Sufisme Perspektif Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Sir Al-Asrar. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
RIWAYAT PENULIS DAN LAMPIRAN.pdf

Download (435kB)

ABSTRAK

Sufi, adalah sebuah istilah yang popular di telinga kita, ketika mendengar istilah ini, kita akan diarahkan kepada orang yang menapaki jalan kebenaran serta memiliki kebersihan hati. Tidak jarang orang ingin memiliki identitas yang diakui layaknya seorang sufi, terlebih lagi ketika membahas tentang Tasawuf falsafi yang notabenenya dianggap sebagai ilmu yang tinggi dan tidak semua orang mampu memahaminya. Kendati demikian, tidak sedikit juga orang yang memaksakan diri untuk mempelajarinya dengan modal keilmuan yang seadanya. Hal ini menimbulkan kesalahan dalam memahami konsep yang dianggap sangat kompleks, yang pada akhirnya memunculkan orang-orang yang melakukan dikotomi antara syariat dan hakikat serta gerakan-gerakan yang dianggap menyalahi ajaran ortodoksi dengan mengatasnamakan ajaran Sufi. Namun, sejatinya jika kita melihat dari perspektif Syekh Abdul Qadir al-Jailani, yang semasa hidupnya sudah pernah bertemu dengan orang-orang seperti ini, mereka bukanlah seorang sufi, melainkan oknum yang menyalahgunakan terminologi Tasawuf alias Pseoudo Sufisme. Maka dalam penelitian ini diberi judul “Pseudo Sufisme Persfektif Syekh Abdul Qadir al-Jailani dalam Kitab Sir al-Asrar”. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis Pseudo Sufisme dan karakteristik Pseudo Sufisme perspektif Syekh Abdul Qadir al-Jailani dalam salah satu kitabnya yaitu Sir al-Asrar. Penelitian ini menggunakan bersifat kualitatif (qualitative research) dalam bentuk penelitian kepustakaan (library research). Sumber primer yang digunakan pada penilitian ini adalah kitab Sir al-Asrar karya Syekh Abdul Qadir al-Jailani, adapun sumber sekunder yang digunakan adalah kitab-kitab yang berkaitan dengan Pseudo Sufisme dan Syekh Abdul Qadir alJailani. Pada penelitian ini akan menggunakan kritik filosofis diantaranya ontologi tentang apa Pseoudo Sufisme perspektif al-Jailani. epistemologi tentang bagaimana karakteristik Pseudo Sufisme al-Jailani. aksiologi, tentang nilai dan manfaat Pseudo Sufisme dan karakter Pseudo Sufisme yang disampaikan oleh alJailani. Setelah data ditemukan dan terkumpul, akan dilakukan analisa menggunakan analisis hermeneutika Gadamer. Disimpulkan, Pseudo Sufisme menurut al-Jailani adalah mereka yang melakukan dikotomi syariat dan hakikat. Lebih spesifik al-Jailani menjelaskan nama kelompok dan karakteristiknya daintaranya : Halawiyah, Haliyah, Auliya’iyah, Tsamrakhiyah, Hubbiyah, Hurriyah, Ibahiyah, Mutakasilah, Mutajahilah, Waqifiyah, dan Hamiyah. Peniliaian al-Jailani tentang Pseudo Sufisme ratusan tahun yang lalu masih relevan hingga sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:41
Last Modified: 14 Aug 2023 02:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item View Item