EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Tilawah Mujawwad Al-Qur’an Santri Desa Binawara Program “1 Desa 1 Masjid” di Kabupaten Tanah Bumbu

Rahmah, Aulia (2023) Kemampuan Tilawah Mujawwad Al-Qur’an Santri Desa Binawara Program “1 Desa 1 Masjid” di Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Tingginya perhatian masyarakat terhadap Al-Qur’an terutama dalam belajar tilawah Mujawwad Al-Qur’an di desa Binawara, penulis tertarik untuk meneliti kemampuan tilawah Mujawwad Al-Qur’an dan faktor pendukung dan penghambat dalam melantunkan tilawah Mujawwad Al-Qur’an santri melalui program pemerintah yakni program 1 Desa 1 Masjid. Membaca Al-Qur’an dengan bacaan tilawah Mujawwad adalah membaca Al-Qur’an dengan lagu-lagu yang telah ditetapkan dalam tilawah Mujawwad Al-Qur’an seperti lagu Bayyati, Hijaz, Shaba, Rast, Jiharkah, Sika dan Nahawand. Selain itu tilawah Mujawwad AlQur’an juga ada dalam cabang seni Musabaqah Tilawatil Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan tekhnik pengumpulan data berikut. Pertama, observasi yakni penulis mengamati secara langsung ke lapangan. Kedua, wawancara yakni penulis melakukan wawancara dengan beberapa santri, guru dan pengelola program. Ketiga, dokumentasi yakni seperti rekaman, data-data santri desa Binawara program 1 Desa 1 Masjid di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 5 Orang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tilawah AlQur’an santri desa Binawara program 1 Desa 1 Masjid yaitu ada yang mampu dan kurang mampu, akan tetapi hanya sedikit santri yang kurang mampu dalam melantunkan bacaan tilawah Mujawwad Al-Qur’an dibandingkan dengan yang mampu. Kriteria kemampuan tilawah santri dapat diketahui dari kelancaran dan kesesuaian bacaan dengan lagu-lagu Al-Qur’an. Beberapa faktor pendukung bacaan tilawah Mujawwad Al-Qur’an santri desa Binawara program 1 Desa 1 Masjid di kabupaten Tanah Bumbu yaitu guru, minat, bakat (suara yang merdu dan nafas yang panjang), lingkungan, pengalaman dan kebiasan. Sedangkan faktor penghambat bacaan tilawah Mujawwad Al-Qur’an santri desa Binawara program 1 Desa 1 Masjid di kabupaten Tanah Bumbu hanya berkisar pada gugup, suara kurang nyaring dan nafas pendek.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:45
Last Modified: 24 Aug 2023 06:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24886

Actions (login required)

View Item View Item