EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Buku Ilmiah Populer Jenis-Jenis Pisang Famili Musaceae di Desa Tamban Bangun Kecamatan Tamban

Azzahra, Andi Nur (2023) Pengembangan Buku Ilmiah Populer Jenis-Jenis Pisang Famili Musaceae di Desa Tamban Bangun Kecamatan Tamban. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis pisang dan validitas Buku Ilmiah Populer (BIP) jenis-jenis pisang di Desa Tamban Bangun Kecamatan Tamban. Jenis penelitian adalah Educational Design Research (Plomp, 2013) yang terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase yang dibatasi pada development or prototyping phase. Pada development or prototyping phase dilakukan evaluasi BIP yang dikembangkan menggunakan evaluasi formatif Tessmer (1993) yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, field test yang dibatasi sampai tahap expert review. BIP dikembangkan berdasarkan data hasil kajian lapangan tentang jenis pisang. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik sampling yaitu purposive sampling dan metode jelajah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan 10 jenis pisang famili Musaceae di Desa Tamban Bangun Kecamatan Tamban yaitu pisang manurun atau pisang kepok (Musa acuminata x Musa balbisiana var. Pisang Kepok), pisang awa atau pisang awak (Musa Brachycarpa Back), pisang kapas (Musa acuminata Colla var. Pisang Kapas), pisang mahuli (Musa x paradisiaca var. pisang mahuli), pisang ambon kuning (Musa acuminata Colla var. Pisang Ambon Kuning), pisang jaranang atau pisang tingang (Musa acuminata Colla var. Pisang Tingang), pisang talas (Musa paradisiaca forma typical), pisang kapal (Musa acuminata Colla var. Pisang Kapal), pisang raja nangka (Musa acuminata x Musa balbisiana var. Pisang Raja Nangka), dan pisang tanduk (Musa acuminata x Musa balbisiana var. Pisang Tanduk). Hasil persentase uji validasi dari sembilan aspek 87,7% (sangat valid, artinya dapat digunakan tanpa revisi).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:38
Last Modified: 23 Oct 2023 01:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item