EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Peranan Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan dalam Mengawasi Investasi Ilegal

Norhalisa, Norhalisa (2023) Analisis Peranan Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan dalam Mengawasi Investasi Ilegal. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat pemahaman tentang penggunaan layanan keuangan menyebabkan masyarakat rentan menjadi korban praktik investasi ilegal dan juga pinjaman online ilegal yang tidak memiliki izin resmi. Banyak korban yang tertipu karena para pelaku memanfaatkan kelancaran dalam membuat aplikasi, situs web, serta tawaran yang disebarkan melalui platform media sosial. Maraknya penawaran jasa keuangan ilegal menyebabkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merumuskan pendekatan yang mencakup supply dan demand. Dari segi supply, OJK berkolaborasi dengan Satgas Waspada Investasi (SWI) untuk memblokir aplikasi yang tidak memiliki izin resmi. OJK memberikan pesan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti prinsip-prinsip 2L, yang meliputi Legal dan Logis. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, berlokasi di Jl. A. Yani km 8.9. subjek dalam penelitian ini Kepala Subbagian bidang EPK (Edukasi dan Perlindungan Konsumen) OJK Regional 9 Kalimantan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan editing, klasifikasi dan deskripsi. Selanjutnya, data analisis dengan mengacu pada landasan teori yang ada. Dari hasil penelitian diketahui Otoritas Jasa Keuangan adalah ketua Tim Satgas Waspada Investasi yang terdiri dari 13 lembaga dan kementerian. OJK dalam mengawasi investasi ilegal di Banjarmasin melalui upaya preventif (pencegahan) dan upaya represif (penindakan). Upaya preventif dilakukan melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Upaya represif melalui fasilitas pengaduan untuk masyarakat dan penanganan kasus investasi ilegal bersama Tim Satgas Waspada Investasi. Kendala yang dihadapi Otoritas Jasa Keuangan Regional 9 Kalimantan mengawasi investasi ilegal adalah kurangnya pemahaman literasi keuangan masyarakat, iming-iming pengembalian tinggi, kurangnya pelaporan korban dan kesulitan dalam penegakan hukum karena memerlukan data dan informasi kuat untuk bukti kerugian yang dialami korban.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:32
Last Modified: 31 Oct 2023 06:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25203

Actions (login required)

View Item View Item