EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hakikat Kehidupan Dunia Menurut Sheikh Abdullah Basmeih dalam Tafsir Pimpinan Ar-Rahman

Azus, Norhidayah (2023) Hakikat Kehidupan Dunia Menurut Sheikh Abdullah Basmeih dalam Tafsir Pimpinan Ar-Rahman. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Penyataan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Awal. pdf.pdf

Download (869kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB III. pdf.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV. Pdf.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V. Pdf.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kehidupan dunia adalah perjuangan untuk meraih kesejahteraan lahir dan batin, dunia dan akhirat. Kecenderungan fitrah manusia adalah cinta kekayaan, dan juga menjelaskan kondisi kehidupan duniawi yang tidak patut dijadikan tujuan utama. Manusia yang pada hakikatnya merupakan makhluk sosial lama- kelamaan berubah menjadi makluk yang serba egois yakni mementingkan diri sendiri. Pengaruh dunia yang semakin maju dan berkembang serta kecintaan kepada dunia begitu kuat menepati hati manusia masa kini sehingga membuahkan kerasukan luar biasa untuk menikmati kehidupan dunia serta berlomba mencari kekayaan pribadi tanpa mempedulikan kepentingan orang lain. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiranSheikh Abdullah Basmeih terhadap ayat-ayat Al-Qur’an mengenai kehidupan dunia dan sikap terbaik yang perlu diambil manusia dalam menghadapi dunia serta memahami pesan yang disampaikan Al-Qur’an tentang pembahasan tersebut. Bentuk penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (LibraryResearch), yaitu pengumpulan data dan informasi dengan buku-buku dan materi pustaka lainnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu mengumpulkan dan mengelola data-data keperpustakaan secara bertahap dan makna disimpulkan bersifat deskriptif. Sementara itu pembahasannya sendiri menggunakan pendekatan maudhu’i tokoh yaitu dengan menentukan tokoh yang ingin dikaji yaitu Sheikh Abdullah Basmeih dan Karya beliau Tafsir Pimpinan Ar- Rahman Kepada Pengertian Al-Qur’an. Setelah melakukan penelitian tentang hakikat kehidupan dunia menurut Sheikh Abdullah Basmeih dapat disimpulkan dan diklarifikasikan sebagai berikut: kehidupan yang main-main dan penuh dengan senda gurau; kehidupan dunia penuh dengan beragam perhiasan yang menyilaukan mata; kehidupan dunia penuh dengan tipu daya; dan kehidupan dunia penuh dengan ‘ardh (materi duniawi) yang menggiurkan. Dunia juga diciptakan bukan main-main tanpa hikmah. Oleh karena itu kita diingatkan bahwa kesenangan dunia ini dapat memperdayakan kita menuju, jalan kesesatan. Oleh itu, kita harus memiliki sikap yang benar dalam menjalani kehidupan dunia yang penuh dengan tentangan dan godaan ini. Maka dari itu, penulis juga menyinggung mengenai bagaimana manusia menyikapi dunia yaitu dengan cara menggapai anugerah dengan cara baik dan halal; memanfaatkan anugerah dari Allah swt untuk kebaikan; dan mensyukuri nikmat yang telah diterima dari Allah swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Nov 2023 00:48
Last Modified: 02 Nov 2023 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item