EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembacaan Ayat-Ayat Al-Quran dalam Tradisi Pengebumian Jenazah di Kampung Empila Kota Samarahan Sarawak

Amirul Bin Sabu, Amirul Bin Sabu (2023) Pembacaan Ayat-Ayat Al-Quran dalam Tradisi Pengebumian Jenazah di Kampung Empila Kota Samarahan Sarawak. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PENYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
COVER AWAL.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Di Malaysia kaya dengan berbagai macam adat atau tradisi yang beraneka ragam sejak dari kehidupan manusia purba dizaman persejarah. Tindak balas masyarakat tersebut terhadap alam merupakan gambaran dari corak hubungannya terhadap alam sekitar dan ekologinya. Setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini pasti akan menghadapi kematian nanti, dimaksudkan kematian adalah ketetapan yang harus dilalui oleh setiap makhluk hidup yang diciptakkan oleh Allah SWT dan tidak ada satu pun makhluk yang terlepas dari kematian melainkkan Allah SWT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang melibatkan peneliti untuk turun ke lapagan untuk membuat kajian terhadap Tradisi Pengebumian Jenazah Di Kampung Empila, dengan mengunakan metode wawancara dan dokumentasi sebagai bilah pisau penelitian lapangan. Data primer merupakan sumber data yang langsung memberikan data kepada pemgumpulan data. Dalam mendapatkan data primer tersebut diantaranya ayat-ayat yang digunakan sebagai bacaan dalam pengebumian jenazah seperti Surah Al-Fatihâh, Ayat Kursi, Surah Yasin, Surah Al-Ikhlâs, Surah Al-Falâq dan Surah An-Nâs, lafaz bacaan Talqin serta Doa dan Data skunder merupakkan sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau melalui lisan atau tulisan yang berkaitan dengan Profil Kampung Empila atau Geografi Kampung Empila dan Keadaan Kampung Empila yang merupakan sebuah kampung tradional yang tersusun terletak di Daerah Kota Samarahan dan dahulunya dikenali sebahagai Sameran. Lokasi kira-kira 12 kilometer dari Bandar Kota Samarahan Kampung Empila yang berhampiran dengan Kampund Niup dan Kampung ini terletak di bahagian timur Bandar Samarahan. Proses pelaksanaan jenazah dalam pengebumian jenazah Penelitian ini bertujuan Untuk mengetaui ayat-ayat Al-Quran yang digunakan sebagai bacaan pengebumian jenazah di Kampung Empila, termasuk juga tata cara pelaksanaan dalam majelis pengebumian jenazah di Kampung Empila Sarawak dan mengetaui tujuan masyarakat Kampung Empila dalam bacaan ayat-ayat Al-Quran terhadap pengebumian jenazah di Kampung Empila. pengebumian jenazah di kampung Empila berfokuskan apabila jenazah sudah bersedia untuk dibawakan ke tanah kuburan sambil di bawa diatas bahu ahli keluarga dan ikuti dengan tata cara pelaksanaan pengebumian jenazah dan ayat-ayat digunakan dalam pengebumian jenazah dan tujuan bacaan ayat-ayat Al-Quran terhadap masyarakat kampung Empila.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:53
Last Modified: 24 Nov 2023 02:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25375

Actions (login required)

View Item View Item