EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tradisi Khataman Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Pemaknaan Khataman Al-Qur’an di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak)

Mohd Annas Bin Osman, Mohd Annas Bin Osman (2023) Tradisi Khataman Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Pemaknaan Khataman Al-Qur’an di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (679kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Masalah yang penulis teliti adalah Tradisi Khataman Al-Qur’an di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak dan bagaimana praktik dan makna dari Tradisi Khataman Al-Qur'an di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak?. Tradisi Khataman Al-Qur’an adalah salah satu Tradisi sosial keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Melayu di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Tradisi Khataman Al-Qur’an dan bagaimana pemaknaan masyarakat kampung tersebut, baik dari segi proses pelaksanaan, makna simbolis, maupun dampak sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan field research. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Khataman Al-Qur’an di Kampung Gumpey Simunjan Sarawak memiliki beberapa tahapan, yaitu persiapan, pembacaan Al-Qur’an secara bergilir oleh peserta Khataman yang didampingi oleh guru ngaji, doa Khataman oleh guru ngaji atau salah satu peserta Khataman serta pemberian hadiah atau sumbangan kepada guru ngaji dan peserta Khataman. Tradisi ini memiliki makna simbolis sebagai bentuk penghormatan kepada AlQur’an sebagai kitab suci umat Islam, pengakuan atas status guru ngaji sebagai pihak yang berjasa dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada masyarakat, penghargaan kepada peserta Khataman sebagai pihak yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, serta pengekspresian rasa syukur dan harapan kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya. Tradisi ini juga memiliki dampak sosial yang positif bagi masyarakat Kampung Gumpey, yaitu mempererat hubungan silaturahim antara sesama anggota masyarakat, meningkatkan kecintaan dan kebiasaan membaca Al-Qur’an secara rutin, serta mempertahankan identitas keislaman dan kebudayaan Melayu di tengah-tengah perubahan zaman. Khataman Al-Qur'an adalah suatu bentuk penghormatan terhadap Al-Qur'an dan sering kali merupakan momen bersejarah dalam kehidupan seorang Muslim. Ini juga dapat menjadi cara yang baik untuk memotivasi dan mendorong pembelajaran Al-Qur'an dalam komunitas Muslim.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:19
Last Modified: 29 Nov 2023 07:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item