EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Social Capital Pendidikan dalam Keluarga Tidak Mampu di Tanah Banjar (Studi tentang Modal Sosial Keluarga Siswa Berprestasi pada MI dan MTs di Kalimantan Selatan).

Juhaidi, Ahmad and Fitria, Analisa and Hidayati, Noor and Rezkia, Maulida (2020) Social Capital Pendidikan dalam Keluarga Tidak Mampu di Tanah Banjar (Studi tentang Modal Sosial Keluarga Siswa Berprestasi pada MI dan MTs di Kalimantan Selatan). Laporan Penelitian. Kementerian Agama R.I. Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

[img] Text
LAPRISET SC LITBANG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SK dan Kontrak PEMENANG-PENELITIAN-BERBASIS-KELUARAN-2019-2020.pdf

Download (994kB)

ABSTRAK

endidikan tidak hanya berhubungan dengan input sumber daya di madrasah, tetapi juga ditentukan oleh input yang berasal dari keluarga. Terkait dengan keluarga, keberhasilan pendidikan, cenderung dipandang tergantung dari status sosio ekonomi dan mengabaikan social capital (modal sosial) dalam keluarga. Oleh karena itulah, penelitian ini mendalami lebih mendalam tentang social capital dalam keluarga yang status sosio ekonominya rendah atau keluarga tidak mampu. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonomi rendah dapat memiliki prestasi akademik di madrasah jenjang MI dan MTs apabila keluarga mereka memiliki social capital yang baik. Social capital tersebut bagi keluarga kaya sering dianggap biasa saja, tetapi dalam keluarga tidak mampu hal itu merupakan sesuatu jarang ditemui. Dari temuan itu, penelitian ini menawarkan bentuk pembangunan social capital pada keluarga tidak mampu yang dapat diadaptasi oleh keluarga lain.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:38
Last Modified: 04 Dec 2023 02:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item