EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Penyuluh Agama dalam Upaya Meningkatkan Moral pada Remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Rovy, Muhammad (2023) Peran Penyuluh Agama dalam Upaya Meningkatkan Moral pada Remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang peran penyuluh agama dalam rangka melaksanakan tugas membimbing dan memberikan penyuluhan kepada umat untuk meningkatkan moral dan ketaqwaan kepada Allah Swt agar tercapainya suatu kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh agama dalam upaya meningkatkan moral pada remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dan mengetahui apa saja metode yang dilakukan penyuluh agama dalam upaya meningkatkan moral pada remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyuluh agama, orang tua, remaja dan tokoh masyarakat yang kemudian mengamati dan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi. Objek penelitian mencakup orang atau kelompok yang menjadi sasaran mengenai peran penyuluh agama dalam upaya meningkatkan moral pada remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini : (1). Peran penyuluh agama dalam upaya meningkatkan moral pada remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar yaitu melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada para remaja dan melakukan upaya peningkatan moral dalam kegiatan keagamaan rutin dan kegiatan olahraga meliputi mengadakan kegiatan pengajian rutin, mengadakan kegiatan pelatihan dan kegiatan maulid habsyi rutin dan mengadakan kegiatan olahraga. (2). Metode penyuluh agama dalam upaya meningkatkan moral pada remaja Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar yaitu metode ceramah, metode dialog, metode konsultasi dan metode diskusi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:07
Last Modified: 18 Dec 2023 03:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item View Item