EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Eutanasia dalam Perspektif Tafsȋr Al-Qur’ân Al-‘Azhȋm dan Al-Tafsȋr Al-Munȋr Fȋ Al-‘Aqȋdah Wa Al-Syarȋ’ah Wa Al-Manhaj

Anand, Muhammad Rezali (2023) Eutanasia dalam Perspektif Tafsȋr Al-Qur’ân Al-‘Azhȋm dan Al-Tafsȋr Al-Munȋr Fȋ Al-‘Aqȋdah Wa Al-Syarȋ’ah Wa Al-Manhaj. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AWAL - M.Rezali Anand.pdf

Download (623kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB_III_PENAFSIRAN_AYAT_AYAT_EUTHANASIA_DALAM_TAFSIR_AL_QURAN_AL.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PERBANDINGAN TAFSIR.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berawal dari rasa keingintahuan penulis tentang Eutanasia. Apabila dilihat secara sepintas, tindakan eutanasia yang menghilangkan nyawa orang lain termasuk tindakan pembunuhan, tetapi jika dilihat alasannya, yaitu adanya permintaan dari keluarga pasien dan dilakukan karena ada rasa belas kasihan, lantas apakah tindakan tersebut termasuk tindak pidana pembunuhan? Situasi inilah yang mendorong penulis tertarik untuk membahas lebih jauh lagi masalah eutanasia melalui Kitab Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim dan Kitab Al-Munȋr fȋ al-Aqȋdah wa al-Syarȋ’ah wa al-Manhaj. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pandangan Ibnu Katsir dalam Kitab Tafsȋr al-Qur’ân al-‘Azhȋm dan Wahbah al-Zuhaili dalam Kitab Al-Munȋr fȋ al-‘Aqȋdah wa al-Syarȋ’ah wa al-Manhaj tentang tindakan Eutanasia. Metode penelitian ini bersifat kualitatif, dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Menggunakan pendekatan komparatif, dalam penelitian ini objek kajiannya adalah perbandingan penafsiran dari kitab Tafsȋr alQur’ân al-‘Azhȋm karya Ibnu Katsir dan Kitab Al-Munȋr fȋ al-Aqȋdah wa alSyarȋ’ah wa al-Manhaj karya Wahbah al-Zuhaili. Perbandingan tersebut diawali dengan mengutip teks asli dari penafsiran dari kedua mufasir lalu mencari persamaan dan perbedaan antara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian dengan sumber rujukan utama kitab Tafsȋr alQur’ân al-‘Azhȋm dan Kitab Al-Munir diketahui bahwa pertama, Eutanasia sangat diharamkan, demikian juga dengan pembunuhan. membunuh ataupun bunuh diri sangatlah dilarang dalam Al-Qur’an. Allah memerintahkan agar hambanya terus bertawakal dan berusaha tidak boleh putus asa dalam keadaan seperti apapun. Kedua, Ibnu Katsir melarang terhadap eutanasia, penafsirannya pada Q.S.AnNiŝa’/4: 29, diakhir penafsiran ayat, beliau mengutip sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim tentang seorang yang bunuh diri karena tidak tahan dengan luka yang dialaminya. Begitupun Wahbah al-Zuhaili melarang terhadap eutanasia, penafsirannya pada Q.S.An-Niŝa’/4: 29 bahwa jumhur ahli tafsir mengatakan bahwa maksud dari ayat tersebut adalah janganlah sebagian kalian membunuh sebagian yang lain. Maksud membunuh disini adalah segala tindakan yang dapat menyebabkan kematian, seperti menghisap, meminum, atau memakan obat-obatan terlarang, racun, dan perbuatan-perbuatan yang mengancam jiwa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:01
Last Modified: 18 Dec 2023 04:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item