EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Doa Safar dari Ayat Al-Qur’an menurut Pandangan Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin sebagai Bacaan untuk Khurûj

Rahmah, Nor Aulia (2023) Doa Safar dari Ayat Al-Qur’an menurut Pandangan Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin sebagai Bacaan untuk Khurûj. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (210kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (693kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk umat Islam dan banyak sekali mengalami perkembangan di wilayah. Al-Qur’an tidak selalu berfokus pada teks Al-Qur’an, namun bisa meluas pada fenomena sosial yang terkait dengan keberadaan Al-Qur’an ditengah-tengah masyarakat atau komunitas muslim tertentu, yang berinteraksi dengannya dalam kehidupan sehari-hari. Berinteraksi terhadap Al-Qur’an tersebut dapat berupa bagaimana cara masyarakat menerima, merespon, memanfaatkan atau menggunakannya dalam keseharian yang disebut dengan resepsi Al-Qur’an. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang resepsi Al-Qur’an, yaitu resepsi Al-Qur’an yang diterapkan oleh Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin yang merupakan resepsi eksegesis dan fungsional, di mana suatu pandangan Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin terhadap ayat tersebut yang difungsikan sebagai bacaan ketika hendak melakukan perjalanan atau khurûj. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif, yaitu penelitian yang menjelaskan tentang fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah kalangan Jamaah Tabligh sedangkan objek penelitian ini adalah Q.S. Hûd/11: 41 dan Q.S. al-Zukhruf/43: 13-14 yang dijadikan doa safar sebagai bacaan untuk khurûj. Dalam teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, dalam proses analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil analisa terhadap temuan penelitian adalah pandangan kalangan Jamaah Tabligh terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang dijadikan doa safar sebagai bacaan untuk khurûj. Pertama, pemaknaan terhadap doa safar tersebut lebih dimaknai secara kontekstual daripada tekstual, karena pembacaannya sesuai dengan konteks isi kandungannya tersebut. Kedua, motif pembacaan doa safar tersebut berdasarkan hadis Nabi, kajian kitab Al-Adzkâr karya Imam Nawawi dan program mudzâkarah yang bersumber dari buku “Petunjuk Sunnah dan Adab Sehari-hari” karya Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dengan motif mengerjakan sunah Nabi. Ketiga, tujuan pembacaan doa safar tersebut yaitu untuk mengharapkan ridha dan keberkahan dari Allah sebab menghidupkan sunah Rasulullah yang bernilai pahala.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:06
Last Modified: 08 Jan 2024 08:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25606

Actions (login required)

View Item View Item