EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Keagamaan Islam Bagi Muslim Minoritas di Desa Tumbang Mirah Katingan Kalimantan Tengah

Azizah, Rafika (2023) Pembinaan Keagamaan Islam Bagi Muslim Minoritas di Desa Tumbang Mirah Katingan Kalimantan Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN RAFIKA AIZAH.pdf

Download (283kB)
[img] Text
AWAL RAFIKA AIZAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak RAFIKA AIZAH.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I RAFIKA AIZAH.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II RAFIKA AIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III RAFIKA AIZAH.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV RAFIKA AIZAH.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB V RAFIKA AIZAH.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RAFIKA AIZAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN RAFIKA AIZAH.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pada penelitian berjudul Pembinaan Keagamaan Islam bagi Muslim Minoritas di Desa Tumbang Mirah Katingan Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran akan pentingnya pendidikan Agama Islam bagi seorang muslim karenanya perlu diadakan pembinaan keagamaan Islam di tengah ketidak konsistenan pendidikan agama Islam dan keterbatasan pendidik agama Islam di sekolah formal di desa Tumbang Mirah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya langkah-langkah pembinaan keagamaan Islam bagi muslim minoritas di Desa Tumbang Mirah, serta ingin mengetahui apa saja faktorfaktor yang menjadi penghambat proses pembinaan keagamaan Islam pada muslim minoritas di Desa Tumbang Mirah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research. Pendekatannya menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu satu orang informan utama guru TPA, informan tambahan para pemuka agama dan perangkat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya langkahlangkah pembinaan keagamaan Islam yang di berikan pada masyarakat muslim di Desa Tumbang Mirah di antara kegiatannya yaitu TPA, yasinan, peringatan hari besar Islam, solat jum’at berjamaah, ibadah kurban, memakmurkan masjid di bulan Ramadhan dan pelaksanakan amaliyah bersama pada hari-hari tertentu seperti malam Nisfu Syaban. Berbagai upaya di lakukan para pemuka agama agar memberikan pengajaran agama Islam pada masyarakat. Beberapa kegiatan tersebut terus di upayakan dan di tingkatkan dari waktu kewaktu meski terdapat faktorfaktor penghambatnya seperti kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sarana dan prasarana, lokasi desa yang terpencil dan kondisi agama Islam sebagai minoritas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Jan 2024 00:50
Last Modified: 15 Jan 2024 00:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25705

Actions (login required)

View Item View Item