EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Corak Tafsir Al-Qur’an Nik Abdul Aziz Nik Mat (Telaah Tafsir Surah Al-Fatihah)

Binti Julaihie, Syukvina Imtiyaz (2023) Corak Tafsir Al-Qur’an Nik Abdul Aziz Nik Mat (Telaah Tafsir Surah Al-Fatihah). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (721kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (264kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (726kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an adalah mukjizat dalam Islam yang abadi dimana semakin majunya ilmu pengetahuan semakin tampak validitas kemukjizatannya. Allah SWT menurunkan kepada Nabi Muhammad SAW demi membebaskan manusia dari berbagai kegelapan hidup menuju cahaya illahi dan membimbing mereka ke jalan yang lurus. Dari latar belakang masalah tersebut dirumuskan masalah yaitu bagaimana corak penafsiran Nik Abdul Aziz Nik Mat di dalam kitab tafsir surah Al-Fâtihah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Pustaka atau library reseacrh. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan dan juga mengunakan buku buku baik primer maupun skunder penelitian ini adalah tentang Corak Tafsir Al-Qur’an Nik Abdul Aziz Nik Mat (Telaah Tafsir Surah Al-Fatihah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja metode penafsiranNik Abdul Aziz Nik Mat dalam kitab tafsir Al-Qur’an Surah Al-Fâtihah. Yaitu sebuah kajian yang berbentuk Studi Tokoh. Setelah melakukan penelitian tentang Corak Tafsir Al-Qur’an Nik Abdul Aziz Nik Mat (Telaah Tafsir Surah Al-Fatihah) dapat disimpulkan dan diklarifikasikan sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukan bahwa Nik Abdul Aziz Nik Mat banyak menggunakan metode tahlili dalam menafsirkan Surah Al�Fâtihah yang memiliki keistimewaan bahwa penafsirannya luas, utuh, dan menyeluruh. Melalui teknik ini, Nik Abdul Aziz Nik Mat berhasil menyajikan tafsir yang memenuhi kebutuhan peminat tafsir di dunia tafsir saat ini. Beliau menggunakan corak penafsiran al-Adab al-Ijtimā'ī yang menggabungkan al-Tafsīr bi al-Ma’thūr dan al-Tafsīr bi al-Ra'yi. Pendengar kuliahnya dan pembaca kitab tafsir ini dapat dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan bahasa, contoh, dan perumpamaan yang mudah dipahami, serta hubungan antara penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an dengan masalah yang ada di sekitarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:16
Last Modified: 16 Jan 2024 03:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item View Item