EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tradisi Pembacaan Al-Qur’an Surah Al-Mulk di Surau Nurul Ibadah di Perkantoran Polisi Daerah Limbang Provinsi Sarawak (Studi Living Qur’an)

Binti Zainal, Nurul Fadzlin (2024) Tradisi Pembacaan Al-Qur’an Surah Al-Mulk di Surau Nurul Ibadah di Perkantoran Polisi Daerah Limbang Provinsi Sarawak (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (701kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (950kB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang fenomena Al-Qur’an yang hidup di tengah masyarakat, dikenal sebagai Qur’an ini Every Life, seperti yang terjadi di Surau Nurul Ibadah. Salah satu tradisi yang menjadi fokus penelitian ini adalah tradisi pembacaan Surah Al-Mulk yang diikuti oleh masyarakat di Surau Nurul Ibadah setiap hari. Fokus utama penelitian mencakup dua aspek. Pertama, bagaimana tatacara atau prosesi pelaksanaan tradisi pembacaan Surah Al-Mulk pada masyarakat surau Nurul Ibadah Daerah Limbang Provinsi Sarawak. Kedua, bagaimana pemahaman masyarakat surau Nurul Ibadah daerah Limbang Provinsi Sarawak terhadap pembacaan Surah Al-Mulk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pelaksanaan dan makna dari tradisi pembacaan Surah Al-Mulk di lingkungan masyarakat di Surau Nurul Ibadah.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang diterapkan melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses analisis data, digunakan dua teori utama, yaitu teori living Qur’an dan teori resepsi fungsional. Dalam konteks penelitian ini, teori resepsi fungsional digunakan untuk memahami bagaimana individu, seperti masyarakat di surau Nurul Ibadah, secara aktif terlibat dalam tradisi pembacaan Surah Al-Mulk. Pendekatan ini mengakui bahwa makna tidak hanya terletak dalam teks itu sendiri, tetapi juga dipengaruhi oleh pengalaman, nilai, dan latar belakang budaya pembaca. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa tradisi pembacaan Surah Al-Mulk di Surau Nurul Ibadah, yang dilakukan secara bersama-sama setiap hari setelah berjama’ah shalat Isya, memberikan sejumlah manfaat signifikan bagi masyarakat Surau Nurul Ibadah. Beberapa manfaat yang ditemukan melibatkan sebagai penolong diakhirat, diselamatkan dari siksa kubur dan sebagai ibadah amaliyah serta pengharapan berkah syafaat Al-Qur’an, memberikan kemudahan dalam kehidupan, dan mengurangi rasa takut terhadap selain Allah SWT. Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh para masyarakat. Penting untuk dicatat bahwa manfaat tersebut dapat dirasakan secara optimal ketika tradisi pembacaan Surah Al-Mulk dengan khusyuk, dengan menghayati setiap ayat yang dibaca dan doa yang dipanjatkan. Meskipun demikian, temuan penelitian juga mencatat bahwa ada masyarakat yang belum merasakan manfaat dari kegiatan Surah Al-Mulk, mungkin disebabkan oleh variasi dalam tingkat pemahaman dan pelaksanaan individu terhadap kegiatan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:09
Last Modified: 16 Jan 2024 03:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25748

Actions (login required)

View Item View Item