EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penguasaan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat pada MTsN 2 Tanah Laut

Najarullah, Najarullah (2024) Penguasaan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat pada MTsN 2 Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2. AWAL...pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. BAB 1 .pdf

Download (272kB)
[img] Text
5. BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
6. BAB 3 .pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. BAB 4 .pdf

Download (283kB)
[img] Text
8. BAB 5 .pdf

Download (38kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (178kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penguasaan materi sholat adalah komponen pendidikan yang tidak dapat ditinggal karena penguasaan sholat berfungsi untuk memudahkan dan memberikan pemahaman tentang materi sholat bagi siswa untuk berguna sebagai hamba Allah SWT yang taat beribadah. Maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di MTsN 2 Tanah Laut dengan demikian peneliti ingin mengetahui “Penguasaan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Pada MTsN 2 Tanah Laut”.Selanjutnya peneliti ini mengetahui penguasaan siswa terhadap materi sholat gerakan dan bacaan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mata pelajaran fiqih materi sholat, penguasaan siswa terhadap praktek sholat bacaan dan gerakan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat penguasaan materi dan praktek sholat pada siswa kelas vii di MTsN 2 Tanah Laut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriftif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan test, blangko observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengambil kesimpulan dengan menggunakan teknik induktif. Teknik induktif yakni data yang terurai di simpulkan dari hal-hal yang bersifat umum kepada hal-hal yang bersifat khusus. Hasil penelitian melalui tast yang disebar kepada 15 siswa kebanyakan dari hasil yang mereka jawab menunjukkan bahwa mereka memahami materi sholat. Adapun hasil yang didapat dari blanko observasi kebanyakan dari mereka menguasai gerakan yang sempurna untuk taraf gerakan dan bacaan, hanya sedikit gerakan dan bacaan siswa yang kurang sempurna. Adapun hasil dari faktor pendukungnya fasilitas yang memadai, minat siswa yang tinggi,dan metode ajar yang relevan, lalu untuk faktor penghambatnya bahan ajar yang kurang dan waktu yang sedikit di MTsN 2 Tanah Laut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:56
Last Modified: 17 Jan 2024 00:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25758

Actions (login required)

View Item View Item