EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UMMATAN WASATHAN DALAM AL-QUR’AN DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM MODERASI BERAGAMA

Aldila, Danny Attahriri (2024) UMMATAN WASATHAN DALAM AL-QUR’AN DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM MODERASI BERAGAMA. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Beragama Keragaman merupakan sunnatullâh yang tidak dapat ditolak, meskipun seluruh manusia di dunia ini bersatu dan bekerja sama untuk melenyapkannya. Keragaman harus disikapi dengan tepat, bukan dilenyapkan. Tetapi kebanyakan manusia justru menyikapinya dengan berkonflik satu sama lain. Salah satu bentuk keragaman yang telah disikapi dengan cara berkonflik oleh manusia adalah keragaman agama. Agama adalah sesuatu yang luar biasa sakral dalam sejarah peradaban manusia, serta memiliki posisi tersendiri dalam pikiran dan emosi setiap individu. Oleh karena posisinya yang sangat subjektif dan sensitif itulah, maka sangat mungkin agama menjadi penyebab terjadinya sebuah konflik, dikarenakan perbedaan konseptual dari setiap penganutnya, baik perbedaan tersebut dalam hal ushûl (core) ataupun dalam hal furû’ (non-core). Skripsi ini ditulis bertujuan untuk menjelaskan apa yang dimaksud Ummatan Wasathan dalam Al-Qur’an dan bagaimana kontekstualisasinya dalam moderasi beragama. Sehingga diharapkan para pembaca sekalian mampu menyikapi keragaman dengan tepat, terkhusus dalam keragaman agama. Karena masih banyak penganut agama yang salah dalam menyikapinya. Penelitian kepustakaan (library research) adalah jenis dari penelitian ini. Buku, manuskrip, dan berbagai karya tulis lainnya sangat berperan penting dalam proses penelitian ini. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif, data-data yang didapat akan dipaparkan berdasarkan hasil telaah terhadap berbagai literatur yang diperlukan. Selanjutnya, data-data akan dianalisis sedemikian sehingga terbentuklah data-data yang berisi jawaban atas rumusan masalah yang telah ditentukan. Adapun metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode maudhû’î (thematic analysis), yakni semua data yang telah ditemukan akan dihimpun berdasarkan persamaan tema dan konteksnya, kemudian dikaji secara mendalam dengan mempertimbangkan berbagai aspeknya. Setelah dilakukan penelitian dan menganalisis data-data yang terkait, ditemukan bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat sebuah istilah yang dinamakan Ummatan Wasathan. Ummatan Wasathan merupakan satu ciri khas umat Islam yang baik dalam keyakinan, pikiran, sikap, selalu mengedepankan kompromi dan senantiasa berada di pertengahan ketika dihadapkan suatu persoalan. Kemudian ditemukan pula bahwa konsep Ummatan Wasathan dalam Al-Qur’an tersebut ternyata dapat dijadikan landasan dalam praktik penerapan moderasi dalam kehidupan beragama, karena adanya berbagai unsur moderasi (wasathiyyah) yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah moderasi beragama.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:32
Last Modified: 22 Jan 2024 03:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25875

Actions (login required)

View Item View Item