EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN SISWA DI SMP IT QARDHAN HASANA BANJARBARU

Nurhidayah, Rizkina (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN SISWA DI SMP IT QARDHAN HASANA BANJARBARU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (584kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (715kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai ketidakdisiplinan. Dalam mengatasi masalah ketidakdisiplinan siswa diperlukannya bantuan dari guru bimbingan dan konseling untuk menuntaskannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku ketidakdisiplinan siswa, upaya guru BK dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru BK saat mengatasi siswa yang tidak mau disiplin di SMP IT Qardhan Hasana Banjarbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan siswa. Objek penelitian ini adalah upaya ketidakdisiplinan siswa di SMP IT Qardhan Hasana Banjarbaru. Sumber data digali dari responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bentuk ketidakdisiplinan yang dilakukan siswa di SMP IT Qardhan Hasana Banjarbaru adalah seringnya siswa terlambat masuk ke sekolah, meninggalkan perlengkapan sekolah serta memakai aksesoris berlebihan. Upaya Guru BK dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP IT Qardhan Hasana menggunakan 3 upaya yaitu upaya preventif berupa arahan dan bimbingan kepada siswa, upaya represif berupa memberikan teguran, nasehat dan hukuman dalam bentuk istigfar sebanyak 400 kali, membaca dan menghafal surat pendek, dan upaya kuratif diberikan dengan cara mengeluarkan atau memindahkan siswa dari sekolah. Kendala yang dihadapi guru BK saat mengatasi siswa yang tidak mau disiplin adalah disebut faktor internal dan juga faktor luar sebagaimana yaitu peserta didik tidak memiliki kesadaran diri dalam belajar selain itu juga dipengaruhi dari faktor lingkungan dan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:17
Last Modified: 23 Jan 2024 03:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item