EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Q.S al-Taubah ayat 128- 129 sebagai pelindung diri oleh masyarakat Peramuan Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru (Studi Living Qur’an)

Khatibul Umam, Ahmad (2024) Pengamalan Q.S al-Taubah ayat 128- 129 sebagai pelindung diri oleh masyarakat Peramuan Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (768kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II Skripsi-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI-2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI (DipulihkanOtomatis)-2.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pengamalan Q.S al-Taubah Ayat 128-129 sebagai pelindung diri oleh masyarakat Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru (Studi Living Qur’an) dengan melihat kenyataan dilapangan bahwa masyarakat menjadi aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan salah satunya pengamalan surah al-Taubah ayat 128-129 sebagai pelindung diri, pengamalan ini dilakukan Masyarakat dengan cara membaca ayat tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengamalan dan pemaknaan dari Q.S al-Taubah ayat 128-129 sebagai pelindung diri oleh masyarakat Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru dan Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yakni yang menjadi objek penelitian yaitu Q.S al-Taubah ayat 128-129 sebagai pelindung diri oleh masyarakat Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru yang meliputi makna surah al-Taubah, kandungan, keutamaan, dan tafsir surah al-Taubah ayat 128-129. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru yang sering mengikuti kegiatan keagamaan di Masjid al-Mubarakah dan Mushalla Raudhatul Falah. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengamalan ini dilakukan masyarakat sebagai pelindung diri dengan cara membacanya, selain hanya sekedar membacanya di tempat ibadah, masyarakat juga melakukan pengamalan terhadap Q.S al-Taubah ayat 128-129 ini di waktu-waktu senggang ataupun di waktu-waktu tertentu, seperti, membacanya selepas melaksanakan salat wajib atau membacanya di malam-malam tertentu dengan membacanya satu kali baik secara bersama-sama ataupun individu. Kemudian masyarakat juga memandang dan memaknai QS. alTaubah ayat 128-129 ini sebagai ayat yang mempunyai khasiat khusus berupa pelindung diri dari segala macam marabahaya dan kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, Q.S al-Taubah ayat 128-129 juga dipandang sebagai ayat yang dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti penyakit, musibah, dan kejahatan orang-orang dzalim yang bisa menimpa terhadap diri masyarakat dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:56
Last Modified: 25 Jan 2024 00:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25968

Actions (login required)

View Item View Item